Parables [baca ; perumpamaan]

Matius 13 berisi pengajaran Tuhan Yesus yg Dia sampaikan dalam bentuk perumpaan. Beberapa perumpamaan yg disampaikan adalah mengenai penabur, lalang diantara gandum, mutiara yang berharga dan pukat.  Murid-murid bertanya kepada Yesus, mengapa Ia menyampaikan dalam perumpamaan ?  Menurut  alkitab, Yesus berkata bahwa; tidak semua orang mempunyai anugrah untuk memahami kebenaran firman Tuhan. Terlepas dari pro kontra mengenai maksud Tuhan Yesus menyampaikan dalam perumpamaan,  Ada beberapa alur yg merupakan kesimpulan saya terhadap beberapa perumpamaan ini.
  • Penabur membahas mengenai bagaimana sikap hati seseorang terhadap firmanTuhan.  Apakah kita sungguh-sungguh percaya, memahami, merenungkan, atau melakukan setiap firman yg telah terdapat dalam alkitab.
  • Perumpaan tentang lalang di antara gandum mengarahkan saya kepada pemahaman bahwa saya masih hidup di dunia yg fana. Ada keadaan dimana kita akan bertemu dan hidup berdampingan dengan 'lalang-lalang' di sekitar kita. Hal ini menyebabkan kita harus konsisten, dan jangan terpengaruh, sehingga 'mati oleh lalang'.
  • biji sesawi mengajarkan kita untuk memiliki iman yg besar, meskipun terksesan sulit, namun kita dapat memiliki iman yg sanggup untuk memindahkan gunung sekalipun.....
  • Perumpamaan tentang harta terpendam seperti menunjukan bahwa  ada hal lain yg lebih berharga dari seluruh hidup kita, yaitu Hal Kerajaan sorga / kekekalan...
  • Perumpamaan tentang pukat mengisahkan mengenai penghakiman di akhir zaman...
Bagaimana dengan pandangan teman-teman yg lainnya ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Film Kristen yang sangat Inspiratif

Going the extra mile...

7 Film Olah Raga Pemberi Inspirasi