Giovell Jonathan Theodore

Hal yang baru di tahun ini adalah, saya menjadi seorang AYAH !!!.. sungguh sebuah pengalaman yang mendebarkan wkwkwkw. Setelah menanti selama 2 tahun, atas perkenan yang di atas, isteri saya hamil, dan mulailah sebuah proses yang menghebohkan... 
Awal Kehamilan
Pada trimester pertama welly sering mual dan lemas. Mungkin karena debayya yg butuh perhatian ekstra kali yah... Kami jalani aja semuanya dengan sukacita... Lebih banyak waktu kami habiskan dengan jalan dan mencoba mencicipi makanan yg direkomendasikan oleh teman-teman.
Di momen ini juga kami sering sekali makan es kelapa muda di skyline heheheh
Proses persiapan perlengkapan bayi baru akan dilengkapi pada trimester ke tiga. Agar lebih siap saja :D

Waktu Melahirkan (02052015)
Nah ini momen yang paling mendebarkan seumur hidup...Karena welly tidak merasakan kontraksi  ( ini juga karena kesalahan sy yg tidak mengajak welly beraktivitas) dokter memutuskan untuk CS. Syukurnya, oma di ambon temani kami. Kl tidak, saya sudah setress...siapa yg bisa menolong kami lagi X_X..Selama momen mendebarkan itu, saya hanya bisa putar lagi dan berdoa dengan mata berkacakaca T_T...oh Tuhan....Tolong kami....
Proses CS untuk mengeluarkan bayi hanya sekitar 15 menit, dan saya pun berjumpa dengannya pertama kami..T_T. Sejak awal sudah keliatan wajahnya yang baik dan luar biasa... ( saya bersyukur untuk kemurahan Tuhan bagi kami)..

Pada kesempatan yg bahagia itu juga, kami menamai anak Kami
GIOVELL JONATHAN THEODORE
GIOVELL = God is Gracious
Jonathan + Theodore = God's Gift

Jonathan juga merupakan singkatan dari opa/oma serta tete dan nene gio
Julianus aldegONdA THeodorus ANna :D
kl Theodore murni request tete di biak, karena tanggal lahirnya berdekatan 
Jadi kalo digabung artinya PEMBERIAN DARI ALLAH YANG MURAH HATI :D


Sudah lama tidak Ngeblog

Lama sekali baru bisa ini blog ini lagi....banyak hal yang telah berubah yang mempengaruhi saya dalam penggunaan waktu. Terlalu banyak hal yang harus diurus.. Jadi komitmen yang saya ambil saat ini adalah  harus FOKUS....fokus pada hal yang penting...dan harus mulai serius pada hal yang utama yang ingin saya lakukan dalam hidup...ternyata waktu berjalan begitu cepat. Saya sudah 32 tahun X_X.....

42

Banyak pemikiranku yang berubah ketika nonton film 42. Film yang diambil dari kisah nyata atau cerita hidup sang legendaris Jackie Robinson seorang pemain softball. Karir Jackie Robinsson dari awal hingga dikontrak oleh klub Softball Brooklyn Dodgers dan akhirnya menjadi seorang pemain terkenal di bawah bimbingan pelatih Branch Rickey, diceritakan dalam film ini. Film 42 syarat dengan pesan moral bagaimana agar tidak mudah menyerah dalam segala kondisi.

Penelitian ke Mappi

Perjalaan ke Mappi dilakukan dalam rangka Survey Evaluasi Bantuan Siswa Miskin yang diselenggarakan oleh Bappeda. Survey kali ini juga merupakan pengalaman pertama saya ke daerah selatan Papua. Sebelum ke Mappi, saya sempat meneliti terlebih dahulu di Merauke.

Perjalanan ke Mappi, dapat dilakukan menggunakan pesawat kecil melalui Marauke dan Timika. Perjalanan dilakukan selama 1.5 jam.  Mappi menyajikan pengalaman yang indah dan menawan. Daerah ini dikenal sebagai  daerah rawa-rawa, dan menyajikan pemandangan yang indahhh....

Perjalanan saya ke Mappi, ditempuh menggunakan pesawat kecil  dan mendarat di SUNGAI! keren banget dah..ini merupakan pengalaman pertama saya menggunakan pesawat kecil. Saya duduk tepat di samping PILOT bule. Sepanjang perjalanan, pemandangan yang disajikan sangat indahhh....

Perjalanan dr Merauke Ke Mappi

ini adalah pemandangan waktu saya mendarat di air...wkwkwkw seru banget....Pasti tidak semua orang pernah menggunakannya.
Masalah Hidup dan Jalan Hidup...

Masalah Hidup dan Jalan Hidup...

Well, minggu lalu aku nonton X-Men: Days of Future Past, dan aku ingin menuliskan bagian-bagian yang mengesankan dari fim itu, menurutku sih.
The first part, and the most memorable one is when Young Charles met the old him. 
Young Charles: So this what becomes of us. Eric was right. Humanity does this to us.
Old Charles: Not if we show them a better past.
Young Charles: You still believe?
Old Charles: Just because someone stumbles and loses their way, it doesn’t mean they’re lost forever. Sometimes we need a little help.
Young Charles: I’m not the man I was. I open my mind and it almost overwhelms me.
Old Charles: You’re afraid, and Cerebro knows it.
Young Charles: In all those voices…so much pain.
Old Charles: It’s not their pain you’re afraid of — it’s yours. And frightening as it can be their pain will make you stronger if you allow yourself to feel it. Embrace it. It will make you more powerful than you ever imagined. It’s the greatest gift we have that can bear pain without breaking, and it’s born from the most human power: Hope. Please Charles, we need you to hope again.
Aku setuju sih dengan pernyataan Old Charles. Ada masa-masa di mana seseorang tersesat dan kehilangan arah, tidak tahu apa yang harus dilakukan dan bahkan merasa bahwa hidup ini tidak cukup berarti untuk diperjuangkan. Dan benar memang, jika kadangkala, bukan, melainkan seringkali kita bersembunyi, melarikan diri dari penderitaan kita. Kita tidak berani menghadapi masalah dan kenyataan hidup. Tapi kita tidak bisa terus menerus menghindar dan melarikan diri. Kemana pun kita lari, dimana pun kita bersembunyi masalah yang sama pasti akan berhasil mengejar kita dan tak ada jalan lain selain menghadapi masalah itu dan mengalahkannya. Tentu saja kita akan menghadapi banyak kesulitan, penderitaan dan tantangan, tapi kita tidak bisa maju jika kita tidak mampu mengalahkan semuanya itu. Aku menganut paham bahwa seorang pemenang bukanlah orang yang bisa menghindari masalah, tapi justru dia yang bisa berjuang mengatasi masalahnya dan mengalahkannya.
And the second part that I think it’s wonderful when Beast, Wolverine and Charles discussed about the future.
Hank McCoy: There’s a theory in quantum physics that time is immutable. It’s like a river — you can throw a pebble in and create a ripple, but the current always corrects itself. No matter what you do the river just keeps flowing in the same direction.
Wolverine: What are you trying to say?
Beast: What I’m saying is, what if the war is inevitable? What if she’s meant to kill Trask? What if this is simply who she is?
Charles Xavier: Just because someone stumbles and loses their way it doesn’t mean they’re lost forever. No, I don’t believe that theory Hank, and I can not believe that is who she is. Ready the plane. We’re going to Washington.
Aku percaya bahwa masing-masing kita memiliki jalan hidup kita sendiri, bahwa hidup kita sudah digariskan oleh Sang Pencipta. Tapi hal itu tidak berarti kita diharuskan menjalani hidup yang demikian. Aku percaya akan Tuhan yang mengatur hidup kita, tapi aku juga percaya bahwa Dia menganugerahkan kita kehendak bebas untuk kita menentukan arah hidup kita. Tentunya Tuhan tidak menciptakan kita untuk menjadi boneka atau robot, yang hanya menjalankan program yang telah dibuatNya tanpa tahu apa yang sedang kita kerjakan. Mungkin ada orang-orang yang menyalahkan Tuhan atas apa yang terjadi dalam hidup mereka, bahwa semuanya ini adalah takdir Tuhan yang tidak memihak mereka. Tapi, kupikir itu semua adalah kamuflase untuk menutupi ketidakmampuan mereka mengatasi kehidupan ini, bahwa mereka tidak berani memperjuangkan hidup mereka sehingga mereka bersembunyi dalam bayang-bayang takdir sebagai dasar pembenaran diri mereka sendiri.
Aku lebih memilih untuk meyakini bahwa apa yang terjadi dalam hidup ini disebabkan oleh diri kita sendiri. Memang benar bahwa Tuhan telah menyiapkan jalan bagi kita, tapi sekali lagi kita memiliki kebebasan untuk memilih menelusuri jalan yang telah disiapkanNya atau mengambil jalan sendiri. Dan apapun pilihan yang kita ambil, aku percaya bahwa semuanya itu tetap ada dalam kontrol Tuhan.
Ketika ada dari kita yang tersesat dan kehilangan arah, mungkin akan ada orang-orang yang menghakimi kita, tapi aku percaya bahwa selalu ada jalan dan kesempatan untuk kembali. Kita memiliki kesempatan untuk berbalik arah karena Tuhan masih mengijinkan kita dan memberi kesempatan. Tuhan masih bersabar dan menantikan kita untuk kembali ke jalan yang benar, kurasa itu karena Tuhan masih menaruh harap pada kita, bahwa ada waktunya kita akan kembali ke jalanNya. Jika demikan halnya, mengapa kita yang justru menghakimi orang-orang yang demikian. Bukan Tuhan, tapi seringkali kita yang memberikan death sentence kepada mereka sehingga justru karena kita mereka yang terhilang tidak akan pernah kembali. Tapi sekali lagi, pilihan untuk memilih jalan hidup itu ad di tangan kita.

Harapan, kurasa itulah salah satu pesan yang ingin dibagikan oleh sang pembuat film tersebut. Harapan akan masa depan yang lebih baik, harapan bahwa kita bisa menciptakan masa depan yang lebih terang, bahwa masa depan kita ada dalam genggaman tangan kita. Harapan bahwa kita akan memilih jalan yang benar, meskipn jika saat ini kita sedang tersesat dan tidak lagi sanggup melihat apa yang ada di depan kita. Jangan pernah berhenti berharap. Bahkan malam yang paling kelam sekalipun akan berakhir dengan terangnya cahaya mentari pagi.

-Aris Budiyanto- :Adik KTBku yang dulu sangat pemalu, sekarang sudah sangat luar biasa.....
Catatanku di Pengujung Tahun 2013

Catatanku di Pengujung Tahun 2013

Terima kasih Tuhanku! Mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan ucapan syukurku di tahun ini. Tuhan telah mengerjakan banyak sekali perbuatan-perbuatan ajaibnya bagiku, dan pribadi-pribadi disekelilingku.  Satu hal yang pasti Tuhan ajarkan bagiku di tahun ini adalah bahwa Dia adalah Allah yang Setia. Pribadi yang gak pernah tinggalkan diriku, dan selalu ada untuk kita semua...

Tahun ini semakin banyak tanggungjawab dan berkat yg Tuhan percayakan padaku. Di kampus, semakin banyak tugas yang diberikan, termasuk memperoleh satu hibah pengabdian. Tim Website Uncen, Kaprodi Sistem Informasi, Tim Akreditasi Institusi, Tim PDPT, Tim Borang LPPM dan beberapa tugas. Ya, saya bersyukur karena diberikan banyak tanggungjawab. Mungkin semua ini karena saya cukup rajin kali yah  ? wkwkwkwkwwk

Banyak tanggungjawab, banyak berkat dan banyak ujian juga. Tahun ini bapaknya welly meninggal di ambon, dan kami harus berangkan pada keesokan harinya. Tuhan memberikan berkat sesuai dengan waktunya. kita dapat membeli tiket ke ambon, tanpa perlu meminjam uang dari siapapun. Meskipun waktu itu ada bencana banjir di ambon, kami mendarat dengan sangat baik. Tepat selelah kami mendarat, hujan lebat kembali Turun, Yah, saya pikirnya sih pasti Tuhan yg jagain kami sepanjangperjalanan. Tuhan emang paling baik...

Akhir tahun ini ,saya dikasih kesempatan untuk mengunjungi daerah selatan. ke merauke, dan kabupaten mappi. Sungguh kesempatan yang sangat langka dan mengasyikan. Thanks untuk setiap teman-teman yg Tuhan tempatkan disekitar saya untuk membantu, dan juga mengajarkan banyak hal mengenai Hidup ini. Tahun ini juga kami membentuk Tim CDC ( Carrier Development Center) di Uncen, sekaligus mendatangkan 2 pembicara utama dari UI/DIkti. Meskipun kampus palang, kami tetap terobos, melakukan seminar... :D. Dan Pertama kali juga di tahu ini, saya diundang sebagai pembicara tunggal di kampus lain di daerah merauke. Udah gitu dikasih nginap di hotel swissbell! wahh....sesuatu yg gak pernah saya duga. 

Memang Tuhan paling baik!. Dia memproses hidup saya step by step.Selangkah demi selangkah. Semua ini Tuhan lakukan, untuk membentuk saya menjadi pribadi yang dewasa dan tetap mau setia kepada Tuhan.  Dia seperti sutradara nomor wahid. Ketika sepertinya semua sudah gak mungkin, cerita hidup ini bisa tiba-tiba berubah!.wkwwkwk Tuhan emang paling baik...

Tahun ini juga istri saya tes CPNS di Uncen....sampai tahap ini sih Welly masih lulus. dan saya percaya Tuhanlah yang menentukan yang terbaik.

Akhirnya pada akhir tahun ini, saya ingin mengucapkan Terima kasih banyak Kepada Tuhan, yg telah mengerjakan banyak hal yg luar biasa dalam hidup ini. Yang senantiasa menyatakan KesetiaanNya dalam segala hal, dan yg gak pernah meninggalkan saya. Terima kasih juga untuk setiap pribadi disekitar saya, yg turut memproses saya menjadi pribadi yang semakin baik.....Semoga Tahun depan, Tuhan semakin mengerjakan hal-hal yg luar biasa dalam hidup saya. Terpujilah Tuhan!!

Jalan-Jalan ke Merauke

Akhir bulan oktober kemaren saya bersama teman-teman melaksanakan penelitian di Merauke. Penelitian ini  bertujuan untuk melihat respon stakeholder berkaitan dengan Kolase Pendidikan Guru. Sebenarnya saya bertugas di Kab. Mappi, tapi berhubung ke mappi menggunakan pesawat "kecil" dari merauke, makanya saya harus ke merauke. Perjalanan Jayapura-Merauke menempuh jarak 45-60 menit, menggunakan pesawat boeing 737 ( Merpati, Lion atau Sriwijaya). 

Saya sangat exited banget, karena ini kesempatan pertama saya berkunjung ke negeri "tanpa batu dan gunung". Ternyata emang seperti yang dikatakan orang, bahwa kab. ini sangat susah menjumpai adanya batu/gunung Bahkan boleh dikatakan gak ada.! Disela-sela melakukan survey, kami menikmati pemandangan alam yang indah..Salah satu lokasi yg cukup keren adalah berkunjung ke perbatasan indonesia dan PNG. Selain di jayapura, ternyata terdapat juga perbatasan di daerah sora, merauke.
Perbatasan Indonesia dan PNG

Musamus - Sarang Semut - Ciri Khas Merauke

Bandara Mopah Merauke

Tugu Ini cuma ada di Sabang dan Merauke

Pemandangan Indah di Merauke

Jalan yang rusak selama Survey


Flickr Images