Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2011

Hati hati dengan kecepatan anda...!!

Ada seorang pengusaha muda dan kaya. Ia baru saja membeli mobil mewah, sebuah Jaguar yang mengkilap. Kini, sang pengusaha, sedang menikmati perjalanannya dengan mobil baru itu. Dengan kecepatan penuh, dipacunya kendaraan itu mengelilingi jalanan tetangga sekitar dengan penuh rasa bangga dan prestise. Di pinggir jalan, tampak beberapa anak yang sedang bermain sambil melempar sesuatu. 
Namun, karena berjalan terlalu kencang, tak terlalu diperhatikannya anak-anak itu. Tiba-tiba, dia melihat seseorang anak kecil yang melintas dari arah mobil-mobil yang di parkir di jalan. Tapi, bukan anak-anak yang tampak melintas sebelumnya. "Buk....!!!!" Aah..., ternyata, ada sebuah batu seukuran kepalan tangan yang menimpa Jaguar itu yang dilemparkan si anak itu. 
Sisi pintu mobil itupun cacat, tergores batu yang dilontarkan seseorang."Cittt...." ditekannya rem mobil kuat-kuat. Dengan geram, di mundurkannya mobil itu menuju tempat arah batu itu di lemparkan. Jaguar yang tergores, buka…

Aku Menikmati Pekerjaanku

Salah satu hal yang paling suka kulakukan dalah hidup ini adalah berbagi. Berbagi berkat, berbagi pengalaman hidup, berbagi air mata dan berbagi banyak hal. Hal itu pula yang menyebabkan banyak orang mengasihiku. Aku senang berbagi karena, hal tersebut memberikan kebahagiaan tersendiri kepadaku. Ada rasa sukacita, ketika orang lain bisa menikmati dalam proses berbagi itu. Dari situ pula, rasa saling mengasihi muncul.
Saya sangat berterima kasih kepada Bapa disurga, karena memberikan saya karunia berbagi. Dan juga karena menempatkan saya di Papua. Setelah 11 tahun merantau, banyak sekali ilmu yang ingin saya bagikan. Sangat banyak hal yang saya pelajari dan ingin sekali saya bagikan kepada saudara2 saya di sini, papua. Yang saya pelajari bukan hanya mengenai hal2 yang berbau akademis, tapi juga mengenai hal-hal simple yang kadang tidak dilihat oleh orang lain. contohnya, meletakan barang, kembali pada tempatnya, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan lingkungan, dll.
Hal- hal…

Lady in Waiting Chapter 3 – Wanita yang beriman

Gambar

Berharga aku dimataMU

Gambar

Tetap kerjakan panggilanmu....

Setelah 11 tahun merantau ketanah jawa, akhirnya aku dapat kembali kepapua. Waktu 11 tahun kugunakan untuk menyelesaikan studiku dari SMU sampai ke S2. SMU ku tempuh di Petra Surabaya, S1 di Universitas Kristen Petra  Surabaya dan S2 di ITB Bandung.
Setelah masa yang lama, sekarang saatnya kembali dan membangun daerahku, papua. Banyak hal dan keinginan yang ingin kubagikan bagi tanah kelahiranku ini. Statusku saat ini sebagai dosen di salah satu universitas negeri di papua, turut memberikan kemudahan dalam berbagi dengan sesama.
Namun impian yang kualami kadang tidak sejalan dengan realita yang terjadi. Banyak sekali kenyataan yang tidak sejalan. Minat mahasiswa yang rendah, birokrasi yg ribet dan kondisi sdm secara keseluruhan yang  kurang  siap terhadap perubahan, kadang membuat impianku pupus. 
Namun ku percaya, visi yang besar butuh harga dan pengorbanan yang besar pula. Yang dapat kulakukan saat ini adalah tetap tekun mengerjakan pekerjaan ini, meskipun belum ada dampak.....
Tetap se…

Berpakaianlah sesuai identitasmu

Beberapa waktu lalu aku membaca status fesbuknya kak Flo, gini nih bunyinya : “Angkat 2 jempol utk Bapak yg lagi duduk nunggu anaknya, langsung pindah ketika ada cewek pake celana pendek kurang bahan duduk depan dia” yang berikutnya “heran sama cewek jaman sekarang yang gak malu pake baju dan celana kurang bahan, apa yang mau dibanggain sih mba? #lifeohlife#”Aku jadi ingat juga salah satu pendeta tamu yang berkhotbah di youth kami dan menceritakan pengalamannya (pendeta cowok pastinya) : Beliau diundang utk berkhotbah di salah satu gereja, pada saat memulai khotbahnya beliau agak gelisah dan risih karena ada beberapa jemaat cewek memakai rok “kurang bahan” dan duduk persis didepannya (pasti udah bergumul banged tuh pendeta) dan tanpa pikir panjang beliau meminta beberapa gadis tersebut pindah kebelakang (ada juga jemaat diminta maju kedepan yah, yang ini diminta pindah utk duduk dibelakang :P ). Kata beliau lagi, sekalipun saya pendeta dan sudah berumur 40an tahun, teteup aja tergoda …

Tips Komunikasi dengan pasangan :)

Gambar
Dalam buku Love That Lasts, Gary dan Betsy Ricucci berbagi sepuluh tips komunikasi yang dapat menolong kita menghadapi konflik dlm hubungan kita :1. Belajarlah mengekspresikan perasaan dan frustasimu dengn jujur, tanpa menyerang atau mempersalahkan partnermu (ams 11:9)2. Pilihlah kata-kata, ekspresi dan nada bicara yg lemah lembut dan sopan. Jangan gunakan kata-kata yg mudah melukai perasaan atau yang mudah menyulut perdebatan (ams 15:1)3. Jangan membesar-besarkan atau membumbui. Hindari kata-kata ekstrim seperti "tidak pernah" dan "selalu" (ef 4:25)4. Berikan contoh yang nyata dan spesifik. Kalau perlu, buatlah catatan sebelum berkomunikasi. Hindari segala sesuatu yg bersifat umum5. Bertekadlah untuk mencari jalan keluar, bukan mengumbar omelan. Membalas bukan tujuan kita. Tujuan kita ialah menyelesaikan masalah (Rom 12:17-21)6. Dengarkan apa yg dikatakan, dirasakan, dan diperlukan pihak lain. Cobalah melihat apa yang menjadi akar permasalahannya (Yak1:19)7. Janga…

Jangan menunggu

12 kata "Jangan menunggu " yg perlu dihindari :1. Jangan menunggu bahagia baru tersenyum, tapi tersenyumlah, maka kamu kian bahagia.2. Jangan menunggu kaya baru memberi, tapi memberilah maka kamu semakin kaya.3. Jangan menunggu termotivasi baru bergerak, tapi bergeraklah, maka kamu akan termotivasi.4. Jangan menunggu dipedulikan orang baru kamu peduli, tapi pedulilah dengan orang lain! Maka kamu akan dipedulikan...5. Jangan menunggu orang memahami kamu baru kamu memahami dia, tâÞi pahamilah orang itu, maka orang itu paham dengan kamu.6. Jangan menunggu terinspirasi baru menulis. tapi menulislah, maka inspirasi akan hadir dalam tulisanmu.7. Jangan menunggu proyek baru bekerja, tapi bekerjalah, maka proyek akan menunggumu.8. Jangan menunggu dicintai baru mencintai, tapi belajarlah mencintai,maka kamu akan dicintai.9. Jangan menunggu banyak uang baru hidup tenang, tapi hiduplah dengan tenang. Percayalah,. bukan sekadar uang yang datang tapi juga rejeki yang lainnya.10. Jangan m…

WE ARE EAGLES

Gambar
Yesaya 40:31
Alkitab mengungkapkan berbagai analogi tentang umat Tuhan: l Cabang pada pokok anggur, l Garam,l Pohon yang tumbuh di tepi sungai, l Pembalap,l Cahaya di atas bukit, l Domba,l Atlit, l PrajuritYesaya secara khusus mengungkapkan Umat Tuhan bagaikan rajawali.UMAT TUHAN SEHARUSNYA MENUMBUHKEMBANGKAN BERBAGAI KARAKTERISTIK UNGGUL BAGAIKAN RAJAWALI
I. ANTUSIAS untuk MEMBUAT TEROBOSAN BARUAyam hanya berkutat seumur hidupnya dengan mata terus menunduk kepda sepetak tanah yang dia kais-kais untuk mendapatkan cacing atau makanan apapun sedapatnya.Rajawali terus membuat terobosan, dengan mata memandang ke langit lepas, sehingga cakupan penerbangannya semakin lama semakin luas.Umat Rajawali! ( Lihat Keluaran 19:4).Jangan seperti ayam yang terus menerus bergelimang dosa yang kotor dan berlumpur. Fokuskanlah pandang matamu kepada Tuhan dan perkara-perkara Surgawi!! Arahkanlah hatimu kepada visi illahi dan kembangkanlah cakupan pengaruh hidupmu kepada lebih banyak orang.II.…