Postingan

Menampilkan postingan dari 2012

Keselamatanku

Keputusanku yang paling benar yang pernah kulakukan adalah menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamatku. Awalnya saya merasa bahwa keputusan tersebut merupakan komitmen yang saya buat. Komitmen pribadi saya untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat pribadi saya. Keputusan tersebut memberikan dampak yang sangat signifikan bagi perjalanan hidup saya. Dalam kondisi terlemah saya sekalipun, TUHAN tidak sekalipun meninggalkan saya. Ia menjaga saya seperti bijimataNya. Dan saya semakin menyadari bahwa penyertaanNya sempurna. Tetapi bagian TUHAN ialah umat-Nya,....Dikelilingi-Nya dia dan diawasi-Nya, dijaga-Nya sebagai biji mata-Nya.                                                     Ulangan 32:9-10 Seiring perjalanan waktu, saya semakin memahami bahwa komitmen tersebut bukan merupakan kemampuan diri saya, dalam memahami maksud Tuhan. Semuanya adalah Kasih KARUNIA Tuhan yang nyata bagi saya.  Efesus 2:8-9 mengatakan bahwa : Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman;…

Progres Pemahamanku

Saya menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat pribadi saya sejak SMP. Meskipun demikian, pemahaman saya tentang Tuhan Yesus dan pekerjaanNya yang ajaib selalu diperbaharui hari lepas hari...
Saya masih ingat ketika lahir baru, hanya karena membaca traktat, dan ajakan seorang teman seumuran saya...(thanks banyak yah erick latuharhari....). Dengan keterbatasan media, informasi dan pemahaman alkitab, saya membaca buku renungan yang sudah laaammmaaaaa skalii... Dan saya mendapatkan pemahaman yang baru...
Banyak hal baru yang saya peroleh,ketika saya memperoleh kesempatan untuk melanjutkan sekolah saya ke SMU Kr Petra 4. Saya belajar saat teduh, renungan, hermeneutik dan pemahama lainnya " yang tampak baru bagi saya..Makasih untuk pak heri,ibu ria, kak leo, kak,andika, kak halim, FKKI dan semua bapak-ibu guru, yang telah membimbing dan memberikan "pencerahan" tentang kekristenan.
Waktu Kuliah di UK Petra, saya semakin diperlengkapi  untuk lebih mengasihi Tuhan, d…

Persepsi tentang Pekerjaan

Selama ini, mungkin saya termasuk pribadi yang paling suka mengeluh tentang pekerjaan saya. Mulai dari minimnya fasilitas pendukung perkuliahan di kampus,  birokrasi yang lamban, job desc yang tidak jelas, mismanagement di level pimpinan, sampai pada keamanan di kampus uncen..
Setelah berproses di kampus ini selama setahun, saya memutuskan untuk bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi untuk  membagi hidup dengan lebih baik lagi... Memberi dampak bagi sesama melalui hidup saya. Saya mulai mengeluh kepada sesama tentang realita yang dihadapi. Kadang saya juga ngerasa bahwa, kok kalo mau kerja benar, justru seperti harus melawan "sistem" yang sudah ada selama ini...dan hal tersebut kadang melemahkan tujuan yang hendak saya capai, melalui pengabdian saya di Uncen.
Dan bersyukur, Tuhan memberikan saya hikmat, untuk memaknai pengabdian saya sebagai sebuah proses kehidupan yang panjang, dan tidak akan dapat dilalui dengan baik ketika kita terlalu sering bersungut-sungut.... se…

Mazmur 3 : TUHAN, adalah perisai yang melindungi aku

Konteks bacaan dari Mazmur 3 adalah ketika Daud dikhianati oleh anaknya Absalom.  Absalom telah "mengkudeta" Daud, bapaknya, dan hal tersebut menyebabkan Daud harus pergi melarikan diri..Kondisi yang dialami daud adalah  "Daud mendaki bukit Zaitun sambil menangis, kepalanya berselubung dan ia berjalan dengan tidak berkasut. Juga seluruh rakyat yang bersama-sama dengan dia masing-masing berselubung kepalanya, dan mereka mendaki sambil menangis. ".  Seorang raja yang dianggap sebagai pahlawan, harus melarikan diri (seperti pengecut ).

Dalam kondisi yang buruk seperti itupun, daud datang kepada Tuhan. Daud sungguh paham bahwa dalam kondisi yang paling buruk seperti itupun, Tuhan akan tetap melindunginya. Daud mempunyai keyakinan bahwa Tuhan akan memulihkan hidupnya.  "Tetapi Engkau, TUHAN, adalah perisai yang melindungi aku, Engkaulah kemuliaanku dan yang mengangkat kepalaku. "
Ketika kita diperhadapkan dengan masalah, dan persoalan, ketika kita dalam tekana…

Mazmur 2 : Morally Reverence

Gambar
Mazmur 2 : Mazmur 2 yang mempunyai perikop Raja yang diurapi Tuhan. Ayat 1 dan 2 merupakan ayat yang sama yang diucapkan oleh jemaat  mula-mula, ketika mereka mendengar cerita  dari petrus mengenai pimpinan jemaat, Pontius Pilatus dan herodes yang berusaha untuk mencegah petrus dan yohanes memberitakan injil.  (Kisah Para Rasul 4:25-26)) Akibat yang akan terjadi ketika raja-raja/ pemimpin/suku bangsa  hidup tidak berkenan kepada Tuhan (melawan Tuhan), adalah (4-9):

Tuhan akan memperolok pemimpin-pemimpin tersebut.Tuhan akan murka kepada merekaTuhan akan meremukan dan memecahkan mereka seperti tembikar

Dan perikop ini diakhiri dengan hal-hal yang  seharusnya dilakukan oleh pemimpin, yaitu (10-11):

Bertindaklah bijaksanaTerimalah PengajaranBeribadahlah kepada Tuhan dengan Takut & Ciumlah KakiNya dengan Gementar – agar Tuhan Tidak murka
Kesimpulan singkat diberikan oleh penulis bahwah “berbahagialah semua orang yang berlindung padaNya!” Ada beberapa hal yang saya pahami melalui pembaca…

Merenungkan Firman Tuhan

Gambar
Mazmur 1 :1-6
Pemazmur menjelaskan dengan jelas tentang kesukaan menjadi orang yang tekun dan taat, bahkan mempunyai kesukaan merenungkan firman Tuhan siang dan malam.Penulis menunjukan bahwa ketika seseorang mempunyai motivasi yang benar dalam menekuni firman Tuhan, ia akan : Tidak berjalan menurut nasehat orang fasikTidak akan berdiri dijalan orang berdosaTidak duduk dalam kumpulan pencemooh Orang yang merenungkan firman Tuhan dengan benar akan : Berbahagia !!! (ayat 1)Seperti pohon yang selalu memperoleh air Akan menghasilkan buah pada musim/waktunyaTidak akan menderita kekeringan/ layu daunnyaApa saja yang diperbuatnya berhasil.
Dari sini saya belajar bahwa, ketika kita mempunyai "kesenangan" untuk merenungkan firman Tuhan, maka semua hal yang saya sebutkan di atas akan kita alami.
Pertanyaannya adalah "bagaimana merenungkan firman Tuhan siang dan malam" ? menurut saya pertanyaan itu relevan dengan "bagaimana firman Tuhan itu bisa menjadi kesukaan kita ?&quo…

Yusuf Arimatea & Refleksi tentang Iman

Lukas 23 : 50 -56a
Melalui pembacaan ini, Alkitab mengajarkan mengenai satu pribadi, Yusuf Arimatea. Yusuf Arimatea merupakan anggota majelis besar - majelis yang bermufakat untuk menyalibkan Yesus. Pergumulannya untuk menurunkan mayat Yesus dan menguburkannya secara layak merupakan hal yang sangat riskan. Dia bukan saja mempertaruhkan jabatan, penilaian orang, bahkan nyawanya pun menjadi taruhannya (bandingkan dengan yohanes 19:38-42). Namun Yusuf memilih untuk tetap  memberanikan diri menghadap pilatus dan menguburkan Tuhan Yesus.
Gambaran awal tentang Yusup dijelaskan seperti artikel renungan berikut: "Yusuf dari Arimatea termasuk orang beriman yang berani ambil risiko. Perhatikan apa yang ia lakukan: ia mengurus segala sesuatu agar Yesus menerima penguburan yang layak (ayat 52-53). Sebelum peristiwa ini, nama Yusuf dari Arimatea tidak pernah disebutkan, apalagi dinyatakan sebagai pengikut Kristus. Ia adalah anggota Majelis Besar (ayat 50), sutradara di balik drama penyaliban …

Selvy dan Tito

Senang sekali rasanya mengetahui bahwa banyak adik-adik saya yang berhasil. Selvy Manuputy dan Titoley Tako, merupakan dua orang diantara sederetan adik-adik saya. Mereka menulis buku dan telah diterbitkan ! hahahah....bangga banget...

Mereka berdua merupakan adik saya ketika kami mendapatkan beasiswa untuk sekolah di SMU Kr Petra 4 Sidoarjo. Saya angkatan 1, selvi angkatan 4 dan tito angkatan 4. 
Selviya Hanna P Manuputy Selvi merupakan anak yg awalnya sangat pemalu. kesan itulah yang saya dapatkan ketika pertama bertemu dengannya. Saya yang aktif dan "cerewet" sangat bertolak belakang dengan selvi.Saya ingat sekali, ketika kami sedang camp di pacet, dan saya membuat dia menangis -entah karena apa, sy sendiri lupa hahahahah..Banyak sekali pelajaran berharga yang kami peroleh di asrama dahulu.Ketika kuliah, barulah "meledak" semua keahlian si selvi. Dia dikenal sebagai cewek multi talent. Dia pinter nyanyi,ciptain lagu, gambar, editing, design,dll...oh iya, dia juga…

Kasih & Kebesaran Allah

Hari ini saya terbagun dari tidur saya. dan entah bagaimana, hari ini saya dipenuhi oleh sukacita, damai sejahtera yang

meluap-luap dalam hati saya. Saat ini saya benar-benar merenungkan kasih Allah yang sangat besar dan melimpah dalam hidup saya. Saya bukanlah pribadi yang besar, saya sering berbuat kesalahan, kadan kecewa, marah,bersungut-sungut dll.Tapi sekali lagi sy tegaskan hari ini saya bahagia. Bahagia karna Allah ada dalam hati saya.

Jika mengingat kembali sungguh banyak sekali kasih dan kebaikan Tuhan yang melimpah dalam hidup saya. Di dalam kekurangan saya, Ia masih mau mengasihi saya.Sy teringat firman Tuhan dari 2 Timotius 2:13
 "jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karna Dia tidak dapat menyangkal diriNya". Dari sini seharusnya membuat kita paham, betapa besarnya, betapa panjangnya kasih setia Tuhan. Jika saat ini banyak diantara kita mempunya persoalan yg besar, permasalahan yg menurut kita gak mampu diatasi, ingatlah, ada seorang pribadi didunia ini yg se…

Demo, Pemalangan dan Krisis Pemimpin di Papua

Pemalangan Kampus merupakan makanan sehari-hari dari mahasiswa Universitas Cenderawasih. Dalam seminggu ini, telah terjadi pemalangan selama 4 hari, yang mengakibatkan kegiatan belajar mengajar berhenti 90% - Kalo sebelum jam 8, masih belum terjadi pemalangan, jadi masih bisa masuk kampus.
Sejauh ini isu tentang pemalangan adalah seputar referendum, pelanggaran ham dan kritik terhadap fasilitas yang diperoleh mahasiswa. Ada beberapa isu yang mengatakan bahwa yang melakukan demo ini sebagaian besar bukan mahasiswa.
Beberapa Permasalahan yang kemudian mengemuka adalah; 1. Kenapa tidak ada tanggapan dari pihak uncen ? 2. Masa tidak ada tindakan tegas dari pihak-pihak terkait mengenai realita yg sudah terlalu terbiasa ini.?
Sebenarnya banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yg terbesit di pikiran mengenai realita yang terjadi di Uncen. "Kok bisa, mahasiswa sudah tidak menghargai dosen ?, bahkan pimpinannya sendiri?" sampai tidak ijinkan pihak dosen/staf akademik/ pimpinan kampus turun/me…

Etos Kerja

"seorang kristen harus mampu memberikan pertanggungjawaban yang baik, bukan hanya apakah bentuk pekerjaannya, tetapi juga bagaimanakah dirinya di dalam melaksanakan pekerjaannya"
Awal kedatangan saya, sudah banyak gambaran mengenai apa yang akan saya kerjakan di tanah ini, Papua. Idealisme saya mulai semakin meyakinkan saya untuk memberikan sesuatu bagi papua.. Membantu menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang dapat menjadi pemimpin kelak di papua. Secara umum, ingin agar papua semakin maju...Anak2 papua,bisa berbuat sesuatu.
Saya bersyukur karena awal kedatangan saya, saya bisa membuat sedikit perubahan...- Meskipun perubahan itu kecil, dan kadang disepelekan oleh orang lain :D
Beberapa contoh hal kecil yang saya lakukan adalah, : Konsisten dan disiplin terhadap jam kuliah. kalo jam 8 pas mulai kuliah. Kalo saya telat 15 menit, kuliah batal, sedangkan kalo mahasiswa telat 15 menit, diitung absen.. (kondisi ini tidak berlaku kalo ujan/ kampus di palang)Bersih-bersih ruangan, nan me…

Mengucap Syukur vs Berkeluh Kesah

Gambar
Kadang tanpa kita tak sadari, kita terlalu sering mengeluh dan menghakimi orang lain...tanpa kita pikirkan, begitu mudah kita merasa bosan, jenuh, terlalu banyak beban, kenapa kondisi disekitar saya seperti ini,  dll.
Sayapun kadang dengan begitu mudahnya jatuh dalam kondisi ini...begitu mudah berkeluh kesah dengan kondisi papua yg kacau balau seperti ini...fasilitas yang tidak mendukung seperti ini ,bahkan birokrasinya yang sudah amat ancur...hahahah.... keluh kesah itu biasanya muncul karena saya suka membanding2kan kondisis ideal saya dengan realita saya...(bener ngak ?)heheheheehh
Dulu saya kita itu adalah hal yg biasa, tapi bagaimana alkitab memandang hal tersebut : 1Tesalonika 5:18 ditulisakan bahwa Ucapkanlah syukur dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu. Kebalikan dari berkeluh kesah adalah mengucap syukur...Berdasarkan ayat ini, kita bisa belajar apa yg Tuhan kehendaki bagi kita untuk memandang hidup ini dari kacamataNya. Melihat d…

Pekerjaan atau Panggilan

Saya suka renungan saya pagi ini dari renungan harian, sebuah renungan singkat tentang bagaimana kita memandang pekerjaan/tanggungjawab yang diberikan kepada kita... moga bisa memberikan pandangan yang berbeda untuk kita semua...


Baca: Yohanes 17:1-8 
Apakah Anda bekerja untuk hidup atau hidup untuk bekerja? Pada kedua hal tersebut terdapat perbedaan pandangan dan pemaknaan yang sangat besar terhadap natur kerja. Jika kita bekerja untuk hidup, maka pekerjaan sekadar menjadi sarana untuk sesuatu yang lain. Tak heran banyak orang ingin segera memiliki “kemerdekaan finansial” supaya tidak lagi harus melelahkan diri bekerja mencari uang. Jika kita hidup untuk bekerja, maka pekerjaan menjadi sasana di mana kita mempersembahkan hidup kita bagi kemuliaan Tuhan. Tuhan menghendaki kita mengasihi dan melayani Dia, dan pekerjaan menjadi cara kita melakukannya. 
Hari ini kita membaca catatan doa Tuhan Yesus menjelang akhir hidup-Nya. Memperhatikan doa-Nya, kita tahu tujuan hidup Yesus adalah agar B…

Kota Kuala Kencana

Gambar
Kalo ditanya  kota apa di Papua - Bahkan indonesia - yang mempunyai tata kata paling bagus dan mendukung green development (pembangunan berkelanjutan ), jawaban saya hanya kota  Kuala Kencana !
Kota ini merupakan kota yang dibangun oleh freeport yang berfungsi untuk memfasilitasi kebutuhan staf-staf yg bekerja di freeport. Semua fasilitas, termasuk supermarket, pabrik pendukung, SPBU, Taman, Lapangan Golf, Perumahan, Alun-alun, semua tersedia di sini.
Keliatan banget kalo sebuah kota direncanakan dengan matang, dan dikerjakan oleh tenaga ahli yg profesional, memang akan menghasilkan maha karya yang luar biasa, sama seperti kota ini...
Perjalanan Menuju kota ini  dapat ditempuh sekitar 15-30 menit dari kota Mimika. Ok, to the point aja, ini foto2nya :D




Manis Pahit menjadi Pendidik (Dosen)

Gambar
Hari ini Fakultas MIPA Uncen  menyelenggarakan Yudisium, sebagai tanggungjawab fakultas terhadap beberapa anak yg sudah selesai melaksanakan tanggungjawab perkuliahannya.  Sekitar 60an peserta Yudisium memenuhi Aula fakultas MIPA. 
Proses yudisium di Mipa sendiri berlangsung dengan sederhana namun tetap memberikan kesan yang mendalam bagi semua alumni, mahasiswa dan juga untuk saya pribadi. Momen yang paling ditunggu-tunggu tentu saja pemanggilan nama peserta Yudisium untuk maju, mendapatkan Surat Keputusan, dan pengalungan medali fakultas..
Kesan mendalam yg saya rasakan tentu saja berhubungan dengan beberapa mahasiswa bimbingan saya yang hari itu juga turut di wisuda. Ada rasa bangga, senang, bahagia, semuanya bertumpuk menjadi satu.. Bersyukur karna saya juga bisa mengambil bagian dalam proses pembentukan diri mereka, bersyukur karna saya dapat memberikan sedikit dampak kepada mereka...
Dari Jurusan Matematika, ada sekitar 9 orang yg di yudisium, dan 2 di antaranya kelahiran 1982 - se…

Valentine Day ?

Gambar
Ada banyak pro kontra yang membahas mengenai ke"valid"an dari perayaan valentine. Apakah hal tersebut merupakan hal yg layak untuk kita lakukan..? Apa dasar alkitabnya? dan berbagai pertanyaan lainnya.  Semoga perenungan singkat ini dapat membantu  kita memahami esensi dari kasih itu sendiri.


Asosiasi kartu ucapan AS memperkirakan satu miliar kartu Valentine dikirim tiap tahun di seluruh dunia. Hanya Natal yang menandinginya. Tahukah Anda bahwa 14 Februari sebenarnya sudah dihapus dari kalender gerejawi? Ini karena latar belakang sejarahnya sangat diragukan. Kemungkinan perayaan ini berkaitan dengan Lupercalia, festival kesuburan dengan ritual penghormatan dewa-dewi dan lotere pasangan lawan jenis. Identitas St. Valentinus yang namanya dipakai untuk perayaan ini juga kurang jelas. Pastur dari Roma, uskup dari Terni, atau martir di Afrika? 14 Februari adalah tanggal kematian mereka sebagai martir. Jauh dari konotasi cinta romantis.Hiruk pikuk perayaan bisa jadi justru membuat …

Persekutuan yang sejati.

Gambar
Persekutuan....itu juga merupakan salah satu pergumulan yang saya hadapi.."bagaimana memahami persekutuan yang sebenarnya berdasarkan alkitab"?..Apa benar persekutuan yg sudah saya lakukan selama ini ? Sebuah renungan singkat tentang persekutuan ini semoga dapat membantu pemahaman kita tentang persekutuan.

 Kisah Pr. Rasul 2:41-47  Persekutuan merupakan salah satu istilah yang sangat umum dalam kekristenan. Sayang, istilah ini sering dimaknai secara dangkal. Bagi kebanyakan orang, kata ini sudah berarti sama dengan pertemuan ibadah (“Datang ke persekutuan”) atau suatu perkumpulan rohani (“Menjadi pengurus persekutuan”).
Kata persekutuan dalam kehidupan jemaat mula-mula diterjemahkan dari kata Yunani koinonia (ayat 42), yang secara harfiah berarti “memiliki atau berbagi suatu hal bersama”. Perhatikan bacaan Alkitab kita, dan kita dapat menemukan banyak hal yang dimiliki dan dibagikan secara bersama di antara jemaat mula-mula, baik dalam kehidupan rohani maupun keperluan jasmani.…

Dwight L. Moody

Dwight L. Moody dilahirkan di Northfield, Massachusetts, pada tanggal 5 February 1837 dari pasangan Edwin Moody dan Betsey Holtom. Ayahnya bekerja sebagai seorang tukang batu. Ayahnya meninggal saat Moody masih kecil dan dalam masa kesusahan mereka. Sejak itu ibunyalah yang bekerja keras membanting tulang untuk membesarkan anak-anaknya menjadi orang-orang dewasa yang baik.

Masa kecil Moody dilalui sebagaimana anak-anak kecil lain di tempatnya. Ia bersekolah, dan pada musim panas ia bekerja untuk menggembalakan lembu tetangganya dengan upah satu sen sehari. Moody  merupakan anak yang periang dan humoris, tapi juga terkadang nakal dan menjadi pengacau di kelasnya.
Sampai suatu saat Moody berhadapan dengan gurunya yang menegur perbuatan Moody dengan kasih dan teguran itu membuat Moody menyadari kesalahannya.

Jalan-Jalan ke Kawah Putih & Situ Patenggang

Gambar
Situpatenggang merupakan objek wisata di daerah jawa barat. Banyak pemandangan menarik yg dapat kita jumpai di daerah ini. Pada bulan april 2011, saya kedatangan beberapa tamu spesial, pada momen wisuda saya, ada NURA, ADE :D, (sorry, lupa ditulis ade2 sayang...heheheh) juga Welly, Maya, Akhung, Isana, Hestin, Lista, dan Merlin :D.

Kami sempatkan diri untuk main2 ke Tempat wisata di Bagian selatan bandung ini. Perjalanan dari bandung dapat ditempuh sejauh 2 jam-an. Dan rute yg paling di rekomendasikan adalah lewat  Leuwi Gajah -Cimahi :D.. Berikut adalah gambar-gambar pemandangan yg diambil selama perjalanan ke Kawah Putih dan Situ Patenggang.
Kawah Putih

Mengecek Kondisi Power Supply Rusak/ Tidak

Gambar
Kemaren komputer saya gak bisa nyala seharian. Saya jadi ingat kata teman saya bagaimana cara mengecek  bagaimana mengecek PSU (power supply unit) yg error. Berikut ini langkah-langkahnya :
 Siapkan PSU, dan persiapkan sambungan kabel (saya biasa menggunakan salah satu kabel LAN, atau bisa menggunakan klip kertas. 1. Cari kabel yang berwarna hijau dan hitam, kemudian hubungkan dengan menggunakan klip kertas tersebut.
2. Colokkan kabel powernya ke listrik  3. Kalau Kipas Power Suplly berputar berarti power supply nyala dan sebaliknya. 4. Akan tetapi Kipas Power Supply berputar belum tentu menandakan bahwa power supply itu bagus, karena ada banyak kasus power supply ATX itu mengalami arus/daya drop sehingga ketika disambungkan ke mainboard dan dibebani dengan harddisk, Komputer tetap tidak nyala / mati tapi kondisi fan masih berputar. Kondisi inilah yang dinamakan Power Supply Ngedrop.
Kalo gambarnya, silahkan  cek seperti gambar berikut ini :

Pada pin 20 dan 24 mekanismenya sama aja, hal ini …

Keindahan Pantai Tablanusu dan Amay - Dapapre - Papua

Gambar
Papua terkenal dengan keadaan alamnya yang luar biasa. Salah satu dari kekayaan alam yg dapat kita nikmati adalah keindahan Pantainya...Diantara berbagai macam tempat wisata di jayapura, Pantai Tablanusu dan Amay merupakan pantai yg sering dikunjungi. Kedua pantai ini berada di Kabupaten Jayapura, Distrik Sentari Barat... Sekitar 1 jam perjalanan dari Waena/ Abe...
Menuju TablanusuPantai Tablanusu dapat ditempuh dengan mengambil jalur kiri setelah kita sampai di Depapre. Perjalanan menuju tablanusu dapat ditempuh sekitar 15 menit. Pantainya unik karena tidak berpasir, namun berbatu. Di sini juga terdapat fasilitas yg memadai, mulai dari penginapan, banana boat, gazebo dll. Cuma saya gak sempat masuk karena lebih tertarik untuk foto2 di pantai Amay. Foto-fotonya seperti berikut :


Desain Kaos " Papua an Enchant Island"

Gambar
Baju ini merupakan kelanjutan dari desain-desain sebelumnya yg mengangkat tema tentang papua..


Nah hasilnya seperti gambar berikut...

Design Baju I Love Papua

Gambar
Membuat baju merupakan usaha sampingan yg saya lakukan untuk menyalurkan hobby, sekaligus menambah pendapatan bagi saya. Tema yg saya angkat terkait dengan bagaimana meningkatkan kecintaan masyarakat tentang papua. heheheh maklum, saya kan orang papua juga...ok. berikut ini adalah contohnya...


Hasil jadinya adalah seperti gambar berikut :

Trip to Ambon #2

Gambar
Perjalanan kali ini bertujuan untuk bertemu secara langusung dengan keluarga dari pacarku,- Welly Lokollo. Saya dan Ibu saya menuju ambon dengan menggunakan Garuda GA640. Penerbangan dengan garuda harus transit di Makasar selama 18 jam. Tiba jam 11 pagi, dan baru dapat melanjutkan perjalanan pukul 05.00.

Setelah tiba di Ambon, saya dan ibu langsung dijemput oleh welly dan vita, dan langsung dibawa ke hotel Elizabet. Pada malam harinya kami bertemu dengan orang tua dari si welly. Nah hari berikutnya, kami sempatkan diri untuk jalan-jalan ke Pantai Natsepa...
Pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata yang digemari oleh banyak orang di ambon. Disamping lokasinya yang tidak terlalu jauh, pasirnya yg putih, banyak tersedia aneka makanan yg dapat memanjakan para pengunjung..
Berikut, beberapa hasil jepretan yg merekan keindahan pantai natsepa...

Perjalanan Terakhir KRI Dewa Ruci

Gambar
Selama 3 hari terakhir, Jayapura kedatangan "tamu" Penting. KRI Dewa Ruci Masuk ke Papua, dalam rangka perjalanannya yang terakhir mengelilingi 4 benua. Jayapura merupakan tempat persinggahan terakhir di Indonesia, sebelum melanjutkan pelayarannya menuju Amerika (honolulu) - panama - eropa- arab -dan kemudian kembali ke Indonesia. ( Setelah itu akan di museumkan T T)..

Sayapun gak mau ketinggalan momen penting ini...dan saya baru tahu, kalo kapal ini sudah ada sejak tahun 50an ! Amazing !! info terkait rencana perjalanan terakhir kapal ini dapat dicek disini, sedangkan info terkait kapal itu sendiri silahkan cek di wikipedia
Berikut ini saya tampilkan  foto2 hasil hunting di Dermaga Karasko Jayapura, tempat berlabuhnya kapal KRI Dewa Ruci


Perjalanan Hidupku #2011

Gambar
Tahun 2011 merupakan tahun transisi dalam hidupku. Pada tahun 2011, saya menyelesaikan studi saya, dan mulai fokus untuk menjalani kehidupan yang baru sebagai pengajar di universitas cenderawasih.. Banyak sekali hal yang berbeda yang saya alami di tempat hidup saya yang baru...dan seperti yg saya katakan, benar-benar terjadi perubahan yang drastis dalam hidup saya.. Setelah 11 tahun menimba ilmu di jawa, saya ke papua untuk menjalani kehidupan saya yg sesungguhnya dalam dunia pekerjaan...

Banyak hal yang terjadi disini yang tidak sesuai dengan idealisme saya..hehehe...dan itu cukup banyak memberikan pengaruh yg kadang membuat saya ingin meninggalkan pekerjaan saya....kadang terbesit rasa menyesal telah memilih bekerja sebagai dosen...dikarenakan banyak hal; misal: Tidak dihargai oleh mahasiswaPengurusan segala hal yg ribet dan gak ada standard...Kesejahteraan yg tidak diperhatikan ( kami tidak ada staf administrasi, sehingga harus mengerjakan administrasi sendirian, termasuk pengurusan …

Mindset seorang Maddie

Sekitar tahun lalu, saya melayani seorang anak kecil berumur 5 tahun untuk mengisi libur musim panas sebagai Babysitter. Dan masa itu adalah pekerjaan musim panas yang paling berkesan ! Maddie dan saya selalu berjalan jalan di taman setiap hari setelah makan siang. Maddie suka bermain ayunan dan perosotan di taman itu. Walaupun masih kecil, Maddie mempunyai hati yang baik, dan dia selalu membuat saya terkejut pada kasihya terhadap orang lain. Kedua orang tuanya pun juga sama - Selalu ada damai sejahtera diantara mereka. Saya selalu bertanya, mengapa mereka sangat berbeda dari orang orang lain?
Suatu hari di taman itu, saya sedang mendorong Maddie yang bermain ayunan, dan kami mendengar banyak anak anak kecil tertawa. Kami melihat ada sekelompok anak anak yang berkumpul di sebuah tempat di taman itu.