Louder than Life | Sidney concert

Bandung bergoyang ! salah satu pesan twitter yg masuk pada big giant ketika konser sidney mohede bakalan dimulai..ribuan manusia datang untuk menghadiri konser Sidney Mohede di bandung, sekaligus bertepatan dengan rilis album baru darinya... Konsernya pun sangat meriah, sehingga, sebelum open gate pun penonton sudah harus antri. Saya sendiri baru datang jam 6.30 ( tepat setelah pintu dibuka ) Itu pun harus antri sepenjang kurang lebih 800 meter dari pintu. Dan baru bisa masuk ke dalam pintu sabuga, 45 menit kemudian.  Konser sidney ini sendiri berjalan dengan baik, banyak lagu2 lawas yg dinyanyikan kembali. Saya pun menikmati setiap momen yang ada... Senang juga bisa ketemu Sidney, Pongky Prasetyo ( Keyboard), Om Daniel Sigarlaki (Guitar) , Renis Wenas ( Bass), Choky Netral dan Nikita sapa gitu, yang katanya jago maen jazz...  Semagai musik direktor, Daniel Sigarlaki membuat lagu2 lama sidney dalam kemasan yg berbeda dan menarik, di tmbah lagi dengan 4 pemain string, membuat pertunjukannya sangat menarik.....Konser ini sendiri baru selesai jam 22.30, dan saya sempatkan diri untuk foto2 bentar di sabuga....^_^.
















Memilih dan Konsekuensinya....

Memilih dan Konsekuensinya....

Hidup kita tiap harinya ngak lepas dari yang namanya pilihan. Kadang kita menghadapi sebuah pilihan yg gampang, dengan konsekuensi yang mudah pula. Misalnya lebih pengen  makan mangga dibanding minum teh. Konsekuensi kl mau makan mangga adalah, harus naik angkot sampai simpang,dago,  bli mangga, pulang kos, kupas dan makan mangga. Itu sih jika konsekuensinya simple. Tapi ada saatnya dimana kita harus memilih untuk melakukan suatu tindakan yang membutuhkan konsekuensi yang besar.

Saya diperhadapkan untuk menyatakan kebenaran, walaupun akan menyakitkan. Bukan kepada saya, tetapi kepada teman-teman yg dekat dengan saya, dengan konsekuensi, saya bakalan dibenci ataupun dibicarain. Saat-saat seperti ini kadang membuat saya harus berpikir keras... dan ketika itu terjadi, semua kembali berbicara mengenai motif hati dan dasar saya untuk melangkah....

Semoga saya bisa menyelesaikan satu kasus ini dengan baik...

Masak Masak di Kos

Musim yang tidak pasti seperti saat ini, cenderung menyebabkan iklim yang tidak menentu. Kadang hujan, kadang panas. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang menderita penyakit  pencernaan. Saya sendiri pun mengalami pemasalahan ini. Saya, k bevi, k jo dan hendrik yang notabene jarang sakit pun, harus mengakui bahwa pencernaan kami bermasalah. Kemungkinan besar, kami menderita penyakit ini karena suka Mawar, istilah keren dari papua untuk 'makan di warung' wkwkwkwk.... Untuk mengatasi hal tersebut, saya memutuskan untuk makan aja di kos...berikut ini foto2 hasil dokumentasinya....





Kaos Seragam Olahraga #1

Akhirnya disela-sela kesibukanku menyelesaikan Tesis, kusempatkan diriku mengerjakan desain kaos untuk sekolahnya ibuku. Ibu/my mom meminta saya untuk membuat desain baju seragam olahraga, dandibuat dalam desain yang simple, jadi kubuat aja seperti ini.hehehe.. Semoga mereka menyukainya....

Kaos Seragamnya

Celananya
Mohon masukannya...

Matius menurutku...

Bersyukur, hari ini saya bisa membaca injil matius, sampe pasalnya yang ke 28.  Intisari yg bisa saya ambil melalui kitab ini adalah menjelaskan tentang perjalanan hidup Tuhan Yesus.  Beberapa hal yang menarik disini  adalah bagaimana Ketika sosok Yesus hadir dan banyak orang yang percaya dan kagum kepadaNya memberikan persoalan tersendiri bagi ahli-ahli taurat, farisi dan orang lainnya. Entah karena kepopuleran mereka kalah tersohor dibanding Tuhan Yesus, sehingga mereka mempunyai kecenderungan untuk 'menjatuhkan' Dia. Sampe akhirnya membenci dan ingin membunuh Yesus.

Kitab ini secara gamblang menjabarkan beberapa hal  mengenai konflik antara kelompok 'ahli/pakar' dengan seorang Tuhan Yesus. Pasal 23 Lebih jelas lagi menggambarkan bagaimana Tuhan Yesus menganggap mereka sebagai orang munafik yg merasa diri mereka hebat.  Yesuspun menekankan kepada murid-muridnya mengenai bahayanya orang2 tersebut (Pasal 16).

Poinnya yang dapat dipetik disini adalah, Tuhan tidak ingin kita seperti orang2 farisi ini. Yang melakukan Firman Tuhan - Taurat pada waktu itu - dengan motif yg salah. Yang hanya mencari pujian dan pengakuan dari manusia saja. Janganlah kita menjadi sombong dengan segala kelebihan kita, tetapi milikilah motif hati yg benar kepada Tuhan.

Dua kali dikatakan dalam kitab matius ini bahwa untuk menjadi yg terbesar, haruslah punya kerendahan hati - Sesuatu yg sangat mungkin tidak dimiliki oleh ahli-ahli taurat pada saat itu-. Pasalnya yg ke 18 : 4 dan 20 : 26. Sekali lagi hal ini berbicara tentang motif hati ketika kita melakukan sesuatu.  Barangsiapa yang ingin menjadi besar, haruslah menjadi pelayanmu. Pelayan Yang dalam bahasa Yunani adalah doulos yang berarti a slave seorang budak. Hal ini seharusnya menjadi motif kita, memberikan pemahaman bahwa tidak ada hal yg patut kita banggakan. Dan Motif ini bisa diperoleh jika kita berserah sungguh-sungguh ( Totally Dependent ) Kepada Tuhan. Tuhan telah terlebih dahulu mengajarkan kepada kita mengenai kerendahan hati. Fakta ini dapat dilihat dari pernyataan rasul paulus dalam kitab filipi. Pasal 2 :5-9 berkata demikian ;
" Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri , dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama. "

Jadi inti dari kitab matius menurut saya adalah Jangan sombong, Rendah Hati dan Berserah Total..

salam hangat...^_^

Symbolic Math Toolbox !

Setelah  sekian lama mengerjakan tesis, saya akhirnya mendapatkan sedikit pencerahan. selama ini beberapa syntax ngak jalan dikarenakan ada satu toolbox matlab yang ngak jalan. Symbolic Mathematics Toolbox  merupakan salah satu toolbox dalam matlab. Toolbox ini yang memungkinkan saya dapat menggunakan perintah 'sym'. Satu minggu saya berkutat dengan perintah ini,sampai akhirnya saya dapat mengetahui penyebab error yang terjadi dalam program saya..

Ternyata Aplikasi Matlab (Matlab r2008b) yang saya gunakan tidak support toolboox tersebut.  jadi saya mengupgrade ke versi r2010a. Dan ternyata program tersebut dapat digunakan.

Dari persamaan di bawah ini, saya ingin mencari nilai dv,mean dan varian dengan batasan tertentu..
Doakan saya yah teman-teman semoga dapat menyelesaikannya...

Kisah 2 Buah Benih

Petualangan saya dimulai dengan perjalanan 19.312 km selama 24 jam dengan pesawat jet besar ke sisi lain dunia ini, diikuti dengan perjalanan yang lama dan penuh guncangan melewati tanah lapang yang berbukit-bukit di daerah jawa tengah bersama pemimpin Every Home Contact , Rommy. Saya telah melakukan perjalanan itu untuk melihat dengan mata kepala saya sendiri buah dari sebuah traktat Injil yang telah memulai reaksi berantai yang menghasilkan gereja di daerah terpencil di Jawa Tengah. Indonesia

http://mindpetals.com
Romy dan saya mendapati diri kami di sebuah kota kecil yg terletak 80 km di luar kota Yogyakarta. kota ini terdiri dari 3500 jiwa dengan rumah-rumah yang bertebaran sepanjang pegunungan yang berbukit-bukit. Di atas sisi bukit di hadapan kami, Terdapat sebuah gereja yang dibangun oleh pemercaya baru yang sekarang bersekutu disana. Berdiri di samping Romi dan saya adalah seorang gembala muda dan seorang penginjil lapangan EHC, Daniel S. Petobat baru yang berjalan sejauh 37.852 km dalam waktu 14 tahun untuk memberitahukan orang-orang indonesia lainnya mengenai Yesus.

Segera saya akan berbicara kepada jemaat gereja sederhana tapi bertumbuh ini, menjelaskan mengapa saya telah ,mengadakan perjalanan dari jauh hanya untuk melihat apa yang telah Tuhan kerjakan atas desa mereka. Saya melihat sukacita mereka dan menyadari saya sedang menyaksikan hasil-hasil luar biasa dari apa yang terjadi di " bagian ujung bumi" ketika seseorang cukup berani membawa injil ke tempat yang belum pernah didatangi penginjil lain.

Tetapi saya bertanya kepada Romy, bagaimana gereja ini terbentuk. Ia tersenyum dan menjelaskan bahwa itu sebenarnya dimulian 15 tahun lalu. Itu adalah ketika Daniel tinggal di sebuah desa baru yang bernama G******. Ia telah dikunjungi oleh dua penginjil muda EHC yang membawa Injil ke rumah-rumah di sepanjang daerah itu. Mereka mengunjungi setiap rumah dan memberikan penjelasan sederhana mengenai Injil kepada orang dewasa dan anak-anak.

Daniel yang berusia 19 tahun pada waktu itu membaca kedua traktat itu dengan intensitas yang seksama. Meskipun ia telah bertumbuh dewasa dikebudayaan setempat yg ketat, ia tetap tertarik membaca pesan-pesan itu. Bahkan, tampak baginya sebuah cahaya terang menyinari setiap kata yang dibacanya. Ketika ia selesai membacanya, ia menaikan doa singkat yang disarankan oleh traktat itu dan menerima Yesus Kristus, sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Bahkan saat daniel mengisi kartu keputusan yang ada di traktat itu, paling sedikit tujuh orang lainnya di desanya melakukan hal yang sama. Injil telah datang ke desa tersebut.
Dalah beberapa waktu kantor EHC di jakarta menerima kartu tersebut dan menindak lanjuti mereka dengan kursus kosenponden alkitab..
Beberapa bulan kemudian ia mendengar tentang sebuah pusat pelatihan Kelompok Kristus yang baru dibangun di jawa tengah, dimana banyak jiwa baru dilatih untuk menjadi pekerja sepenuh waktu untuk menjangkau lebih banyak desa.  Di bulan selanjutnya, daniel memimpin anggota keluarganya satu- persatu kepada kristus..

Enam tahun sebelum daniel menerima kristus, Penginjil EHC lain sedang membagikan benih yang sama di daerah lain di jawa tengah... Ia membagikan Kabar baik tentang Yesus rumah demi rumah dan kapanpun mungkin memberikan kesaksian pribadi, meski tak seorang pun yg menunjukan ketertarikannya.
Tapi seorang pria Tua di desa itu telah dijamah oleh pesan-pesan yang sederhana tersebut. Pak Huparman membaca traktatnya berulang-ulang. kemudian suatu malam, dengan keberanian yang besar, ia mengisi kartu keputusan dan mengirimkannya ke kantor EHC di jakarta. Pak huparman adalah satu-satunya orang di seluruh desa yang merespon. selama beberapa tahun, ia melanjutkan sebagai satu-satunya orang Kristen di desa itu, menyembah  Yesus secara rahasia. Tapi kerinduannya untuk bersekutu dengan orang percaya lainnya semakin memenuhi hatinya. jadi ia menulis ke ke kantor EHC untuk bertanya apakan seseorang dapat datang ke desanya dan membantunya untuk bertumbuh dalam Yesus. Daniel yang telah selesai pelatihan Kelompok Kristus ditugaskan untuk mengunjungi desa tersebut.

The Right Choice [Review]

Dalam buku ini, Kendra Smiley memaparkan pengalaman hidup para wanita. Kisah-kisah itu diramu dengan indah dan memberikan secercah harapan serta dorongan semangat. Anda akan tertawa dan menangis saat mencoba memahami kisah para wanita yang menolak membiarkan situasi menghancurkan sikap positif mereka. Berikut ini adalah salah satu kisahnya.

Sebelum menikah, saya sudah menjadi guru selama beberapa tahun. Pada satu tahun ajaran, saya menghadapi sekelompok siswa kelas 4 yang tidak begitu akur satu sama lain. Mereka menghormati saya dan menjadi pendengar yang baik, tetapi mereka selalu bertengkar.

Pada suatu hari, perselisihan mereka akhirnya membuat kesabaran saya habis. Saya sudah muak dengan sikap buruk mereka. Kurang lebih tiga menit sebelum istirahat, saya meminta para siswa untuk mengeluarkan sehelai kertas dan pensil.


"Tuliskan nama kalian di ujung atas kertas," saya memulai. "Pada baris berikutnya, ibu ingin kalian menuliskan nama orang yang paling tidak kalian inginkan menjadi teman sebangku kalian. Lalu lipas kertas kalian."

"Apakah kami hanya menuliskan satu nama?", banyak yang bertanya demikian.
"Bolehkan saya membuat sebuah daftar?", tanya seorang pemuda yang kelihatan tidak setuju.
"Satu nama saja," jawab saya dan berhenti sejenak hingga tugas itu diselesaikan oleh semua siswa. "Sekarang, beri nomor 1,2,3 pada kertas kalian dan tuliskan tiga kebaikan orang yang namanya kalian tuliskan di atas kertas. Tuliskan tiga hal yang patut dipuji dari orang tersebut."

Saya berkata, "Begitu selesai, kalian boleh keluar kelas untuk istirahat."

Mereka semua neyelesaikan tugas itu. Memang latihan kecil itu tidak langsung menimbulkan perubahan besar bagi kelas kami. Namun, mereka memperlakukan satu sama lain dengan lebih ramah untuk beberapa waktu. Hal itu menimbulkan perbedaan yang positif dalam sikap dan interaksi mereka. Memilih untuk memuji seseorang adalah pilihan yang baik, pilihan yang memberi kekuatan.

Memuji seseorang dengan jujur dan tulus menimbulkan konsekuensi yang menakjubkan. Memfokuskan perhatian pada seseorang, memuji orang lain, dapat menumbuhkan sikap yang positif. Dan itu merupakan suatu pilihan. Kita dapat memilih untuk memuji orang-orang dalam hidup kita atau tidak.

Grand Eastern Restaurant + Pak Paulus Winarko

Hari jumat kemaren, gembala kami ko wahyu melakukan resepsi nikah. Pernikahan antara ko wahyu dan ce Emma berlangsung meriah. Bertempat di Grand Eastern Paskal (Pasil Kaliki), acara yang mengusung standing wedding party ini berlansung dengan meriah. maklum aja, semua anak gembalaan ko wahyu di undang semua. Itu artinya 1 gereja boo!!...wkwkwwkk.....
Acara berlangsung tidak terlalu lama, setelah itu dilanjutkan dengan acarayang kami nanti2kan - makan-makan.. Menu yg ada juga sangat menarik. Karena kekenyangan, saya ngak bisa nikmatin semua menunya...Untuk mengisi waktu yg ada, saya dan teman-teman pemasa pun mendokumentasikan kegiatan tersebut. Maklum selama ini kami jarang bisa "tampil rapi" bersamaan....
Oh iya ketika ramah tamah ini, kami bertemu dengan Bapak Paulus Winarko. Beliau merupakan penulis sejumlah buku motivasi dan pengembangan diri yg best seller seperti First Step to be An Entrepreneur, Reach Your Maximum Potential, The Power of Hope dan Melejit di Usia Muda. Dan ternyata, saya baru tahu kalo beliau kelahiran sorong...( pantas logatnya familiar banget !! )




Dosa yang Sopan

http://www.jawaban.com
Masalah dosa paling sering terjadi di wilayah yang disebut dosa"sopan". Inilah dosa yang sering dilakukan oleh kebanyakan kita yang sudah sering terlubat dalam pelayanan.Apakah dosa yang sopan itu ? Ketika saya memeriksa hidup saya sendiri, satu dosa yang perama muncul dalam pemikiran saya adalah kecenderungan menghakimi sesama dan membicarakan mereka dengan sikap menkritik di depan orang lain. Kejahatan ini memang sudah direrima di kalangan orang percaya, sampai-sampai kita tidak mengenalinya. Kita perlu serius melihat peringatan Yesus dalam Matius 7:3 tentang semangat mengkritik ini ; "Mengapakah engkau melihat serpihan kayu di mata saudaramu, sedangkan balok dimatamu tidak engkau ketahui ?". Ktia perlu belajar untuk menahan diri dari menghakimi orang lain dan menyehrakan penghakiman tersebut kepada Allah. Itulah yang diajarkan oleh rasul Paulus, ketika ia mengatakan; " Siapakah engkau, sehingga engkau menghakimi hamba orang lain ? *

Kadang kita merasa bahwa kita sudah termasuk orang yang baik,sehingga mempunyai kecenderungan untuk menghakimi orang lain. Jika demikian apa yang membedakan kita dengan orang farisi, yg mempunyai kecenderungan untuk menghakimi sesamanya.?  jika kita membaca dari kitab matius, Tuhan Yesus sudah berulangkali menekankan tentang keberadaan orang farisi, ahli2 taurat dll. Kelompok masyarakat ini, seringkali merasa merekalah yg paling benar, paling patut di contoh dan punya kecenderungan untuk menghakimi orang lain...
Melalui perenungan pagi ini, biarlah kita semakin belajar untuk rendah hati, belajar untuk melayani dan tidak lagi menghakimi. Karena menghakimi bukanlah hak kita, melainkan hak dari Tuhan, pencipta kita.....


* Dikutip dari Jerry Bridges : The Discipline of Grace

Keyakinan yang Benar

Berikut ini saya akan meringkas sebuah kisah yang diceritakan oleh D.L. Moody ketika ia berkunjung ke Kansas.  D.L Moody melihat seorang anak sedang menangis di jendela, kemudian ia mendatanginya danberkata " anakku, ada apa denganmu?".
 
http://www.rd.com
"Pak Moody, mengapa ibuku meninggal, ayahku seorang pemabuk, mereka tidak mengasihiku. dan Allahpun tidak mau peduli padaku karena aku anak seorang pemabuk". Kemudian Pak Moody menceritakan mengenai kisah seorang anak lelaki lain di kota sebelah timur. berikut adalah kisahnya.....

Ayah anak ini tidak mengijinkan orang kristen "munafik" untuk masuk kerumah mereka. Sang ayah juga tidak pernah mengijinkan anak-anaknya untuk ikut Sekolah Minggu. Namun, seorang pria yg baik hati menjumpainya dan membawanya kepada Kristus.
Suatu hari, sang ayah pulang dalam keadaaan mabuk dan anaknya sedang berdoa. sang ayah mendatangi anaknya dan berkata " Ayah tidak mau kamu berdoa lagi. Kamu terlalu banya bergaul dengan orang kristen itu. Kalau ketahuan, ayah hajar kamu".

Anak lelaki itu begitu dikuasai oleh Roh Allah sehingga ia tak dapat berhenti berdoa. Pintu komunikasi telah terbuka antara dirinya dan kristus dan Ayahnya mendapati dirinya berdoa lagi. "Bukankah ayah sudah bilang, jangan berdoa lagi? Kalau ketahuan sekali lagi kamu harus keluar dari rumah ayah."

Tak berapa lama setelah kejadian itu, ayahnya mabuk lebih berat dari biasanya. Ia masuk ke rumah dan menemukan anaknya sedang memanjatkan doa.
" Tinggalkan rumah ini" kata sang ayah murka " Berkemas kemaslah lalu pergi". Anak itu tak punya banyak barang, maka ia segera beranjak dan naik ke kamar ibunya. "Selamat tinggal ibu" 
" kamu mau pergi kemana ?" 
" Aku tidak tahu akan pergi ke mana, tetapi kata ayah, aku tidak boleh tinggal di sini lagi, karena aku ketahuan berdoa lagi " Jawabnya.

Sang ibu mengerti bahwa tidak ada gunanya ia berusaha mempertahankan anak itu jika sudah menyuruhnya keluar. Maka ia menarik anaknya, menciuminya lalu mengucapkan selamat tinggal kepadanya. Ketika anak lelaki itu sampai ke pintu, ayahnya ada disana. Si anak  mengulurkan tangannya sambil berkata, " Selamat tinggal ayah, Sepanjang umur hidupku, aku akan berdoa untuk ayah" lalu ia meniggalkan rumah itu. Baru beberapa menit anaknya meninggalkan rumah, sang ayah mengejarnya.
"Anakku, kalau itu memang keyakinan yang benar, hingga mampu melepaskanmu dari ayah, ibu dan rumahmu, Ayah juga mau mengikutinya..

...Naikanlah seruan doamu, dan doa itu pasti sampai kesorga.....

*dikutip dari  Orang buta yang membawa lentera

Lady in Waiting - Chapter 1: Wanita dengan Penyerahan tanpa Ragu


Tulisan ini adalah ringkasan dari buku "Lady in Waiting" yang saya baca beberapa waktu yang lalu.
Buku ini menginspirasikan kami (saya dan beberapa teman yang telah membacanya) para wanita yang belum menikah untuk mengubah fokus kami bukan untuk mengejar pria tapi mempersiapkan karakter kami sebelum kami menikah dan mempergunakan waktu-waktu luang kami (sebelum kami menikah dan tak punya banyak waktu lagi) untuk mengenal Allah dan melayaniNYa.

Saya berharap, buku ini dapat memberkati teman-teman juga :)

Pernahkan Anda berpikir bahwa Anda akan bahagia selamanya apabila Anda menikah? Seperti cerita dongeng jaman dahulu kala tentang puteri cinderella, “mereka menikah dan bahagia selamanya“. Jika jawabannya “Ya” maka dapat dipastikan bahwa Anda akan terancam kekecewaan di masa depan.

Sesungguhnya, seorang wanita akan hidup bahagia bukan karena dia menikah, punya anak dan melayani keluarga tetapi seorang wanita akan hidup bahagia apabila dia hidup seperti apa yang Tuhan inginkan bagiNya.

Kebanyakan wanita berpikir bahwa kerinduan terdalam mereka adalah mengenai cinta, pernikahan dan menjadi seorang ibu. Tetapi kenyataannya adalah sukacita tidak didapat dalam pernikahan tetapi dalam hubungan yang benar dengan Allah.

Tidak ada seorang pun, sekalipun itu adalah pria yang akan Anda nikahi suatu hari nanti, yang dapat membuat Anda bahagia – hanya Yesus yang dapat membuat Anda bahagia.

Serahkanlah seluruh hidup, tubuh, jiwa dan impianmu kepada Tuhan. Percayakanlah semuanya kepada Tuhan. Bukan hanya sekedar komitmen simbolis tetapi penyerahan tanpa ragu. Ketika Ia adalah Tuhanmu, Anda dapat berjalan dijalan yang Ia berikan bagimu dengan sukacita.
Ketika Anda menyerahkan hidup Anda kepada Kristus, Anda harus berkomitmen untuk bertindak sebagaimana Tuhan arahkan.

Seringkali pilihan akan komitmen yang sungguh-sungguh akan menghasilkan cibiran dari orang-orang yang pernah menjadi “teman baik” Anda. Ingatlah, orang-orang yang ada disekitarmu sangat mempengaruhi hubunganmu dengan Tuhan dan Anda mencerminkan orang-orang yang mempengaruhi Anda. Seperti kata Paulus dalam I Kor 15:33 “Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik”. Apakah persahabatanmu menyebabkan kehidupan rohanimu membeku?

Kita harus menyadari bahwa budaya saat ini telah mempengaruhi pola perilaku kita. Salah satu hal yang paling menyedihkan yang dapat ditemui adalah orang Kristen yang hanya sekedar nama saja. Kita ingin menjadi seperti kristus, tetapi gaya hidup kita lebih merupakan cerminan majalah Vogue atau Cosmopolitan daripada sebuah ciptaan baru dalam Kristus.
Ingat selalu bahwa teman-teman yang paling banyak mempengaruhimu seharusnya adalah wanita yang hidup dalam iman, yang menyemangatimu dalam komitmen pada Yesus, itulah teman-teman terbaikmu.

Hanya melalui proses penyerahan tanpa ragu kepada Yesus sajalah seorang wanita dapat mengerti bahwa didalam Tuhan, dia utuh. Waktu dua orang lajang yang “tidak utuh” menikah, penyatuan diri mereka hanyalah menjadi dua orang yang “tidak utuh” berusaha mendapat keutuhannya dipihak lain. Hanya saat mereka memahami bahwa kepenuhan mereka didapat dalam suatu hubungan dengan Yesus barulah mereka akan dapat mulai saling melengkapi satu sama lain. Keutuhan adalah tanggungjawab Yesus dan menjadi pelengkap adalah hak istimewa seorang wanita.

Pernikahan mengajar kita bahwa persahabatan manusia yang paling intim sekalipun tidak dapat memuaskan bagian-bagian terdalam di hati kita.
Saat ini berketetapanlah untuk mengejar Yesus dengan segenap hati, jiwa dan pikiranmu. Inilah waktu yang tepat untuk membangun hubungan radikal dengan Yesus.



Buku baru diBulan oktober


1. Mengapa Aku Percaya

Buku ini mengisahkan mengenai kisah seorang jepang yang menemukan kebenaran melalui penelitian yg ia lakukan. Kiyoshi meneliti kebenaran firman tuhan dari berbagai sudut pandang; kultur,sejarah jepang dan ilmu pengetahuan, juga aspek spiritual. Yang rada unik dari buku ini adalah disajukan dalam konteks pemahaman orang jepang yg "buta" mengenai kekristenan itu sendiri. Pemahaman yag unik didasarkan pada latar belakang penulis yang menganut kepercayaan terhadap dewa-dewa. Kalo dari saya sendiri, blom sempat membaca sampa selesai, karena gaya penulisan yg mungkin rada berbeda dari saya, jadi saya tidak terlalu memahaminya...



 2. The Discipline of Grace

Gaya penulisan buku ini sangat mudah dipahami. Buku ini membeberkan kenyataan yang menarik mengenai keberadaan manusia dalam kaitannya dengan anugrah dan kasih Allah. Secara pribadi buku ini juga menelanjangi pemahanan kita yang salah. Kadang, tanpa kita sadari kitapun hidup dalam "kefarisian orang kristen". Bab 1 diawali dengan judul "seberapa baikkan cukup baik itu ? " Sebuah pertanyaan mendasar yg membuat kita berpikir mengenai seberapa baik hidup yg sudah kita lalui selama ini. Dan apakan itu sudah cukup baik bagi Allah. Bukunya menarik, dan sangat memberkati . Jerry Bridges, penulis buku ini  sendiri adalah staf dari pelayanan kampus  Para Navigator (seperti perkantas gitu). Buku ini sangat saya rekomendasikan untuk dibaca....


3. Orang buta yang Membawa Lentera

Sebenarnya maksud ke toko buku visi kemaren adalah ingin membeli tiket konser Sidney Mohede  " Louder than life " yg bakalan manggung di sabuga pada tanggal 26 nanti. Tapi berhubung sudah di toko buku, saya sempati aja jalan-jalan sambil ngecek buku-buku. Pas di rak buku-buku yg new release,terdapat buku ini. Hal yang membuat saya tertarik dengan buku ini adalah Penulisnya, ternyata D.L Moody, adalah penulis buku ini. Saya sebenarnya sudah tertarik dengan Dwight Lyman Moody selama beberapa tahun terakhir, karena dia merupakan salah seorang penginjil ygmemberikan pengaruh baik di amrik. Saya baru memahami, ternyata pelayanannya dimulai di sekolah minggu. Buku ini  berisi kisah-kisah lain dari D.L Moody mengenai bagaimana menceritakan injil kepada anak-anak..Kisahnya simpel, namun banyak hal yg bisa kita petik sebagai pelajaran hidup yg berharga. Saya kadang menitikan air mata ketika mengetahui bahwa kadang Tuhan bisa memakai anak kecil untuk mempertobatkan orang dewasa.... Saya ingin membacanya, dan sharing kepada anak2 sekolah mingguku di papua..^_^

Bertobat | Rendah Hati | Menjadi seperti anak kecil..

Pertanyaan yang muncul dalam benak saya adalah, mengapa Tuhan Yesus mengatakan bahwa kita akan masuk dalam kerajaan sorga jika kita bertobat, dan menjadi seperti anak kecil  Dan -sebagai bonusnya- jika kiya merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil (lagi) maka kitalah yg terbesar dalam kerajaan sorga.
Matius 18 :3-4 berkata sebagai berikut : " Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga."
Alkitab king james version (KJV) memberikan kata bertobat dengan converted, dan merendahkan diri dengan humble. Ada beberapa kata penting yang saling berhubungan yg ditemukan melalui pembacaan ini, yaitu bertobat - merendahkan diri - seperti anak kecil - berhubungan erat dengan hal kerajaan sorga.

1. Bertobat/converted : Persamaan kata converted adalah reverse  kata ini mempunyai arti berbalik arah. Sepengetahuan saya kl yg namanya berbalik arah adalah berputar 360 derajat. Artinya adalah untuk masuk dalam kerajaan sorga, saya/kita perlu berbalik dari cara hidup kita. Selama ini hidup dalam "keakuan" berubah menjadi "berserah" kepada Tuhan...menghidupi setiap perbuatan dan pemikiran kita dalam  Tuhan  (Sama seperti pertama kali kita menerima Tuhan untuk bertahta dalam hati kita). Bertobat secara rohani berarti bukan hanya secara fisik - dapat dilihat oleh orang lain -  tetapi yg terpenting adalah secara rohani. Bagaimana diri kita dan relasi kita dengan Tuhan. Itu yg terpenting....

2. Rendah Hati / Humble :  Kerendahan hati seharusnya menjadi salah-satu karakter yg paling kelihatan dari orang kristen. Rendah hati menunjukan pemahaman seseorang yg sadar dengan status dan peran yg disandangnya(sebagai hamba Tuhan).  Ketika kita berkata bahwa Yesus yg bertahta dalam hati (dan diri) kita, saat itulah, kita sudah menyerahkan "keakuan" kita kepada Tuhan. Kerendahan hati menunjukan sikap yg mau taat, patuh dan tekun mengerjakan apa yg Ia kerjakan.  Tuhan Yesus secara khusus menekankan poin kerendahan hati kepada hal yg bersifat rohani, yg "buahnya" dapat dilihat oleh sesama. Kata merendahkan diri yang dipakai di kitab Matius sama seperti kata merendahkan diri yang digunakan di Surat Filipi 2:6-8 ketika Paulus menggambarkan tentang bagaimana Kristus yang begitu mulia, yang setara dengan Allah, Dia tidak menganggap kesetaraan-Nya itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan waktu menjadi manusia, Dia merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di atas kayu salib. Karena itu pada waktu Kristus mengatakan ‘kamu harus merendahkan diri seperti anak kecil’ (Matius 18: 4), Dia tidak hanya bicara tetapi memberi teladan. Filipi 2 mengingatkan kita bahwa kita harus menganggap yang lain lebih utama dari diri kita sendiri. Inilah ekspresi dari kerendahan hati. Inilah true greatness; yaitu orang yang merendahkan diri, menjadi pelayan dan melayani sebagai hamba. Justru inilah orang-orang yang dianggap besar di mata Tuhan* 

3. Seperti anak kecil : Ayat 2 "Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka". Dari ayat ini, saya menyimpulkan yg Yesus maksud anak kecil adalah bener2 anak kecil. bukan bayi. (kl bayi dipanggil, ngak mungkin datang kan ? ). apa yg Tuhan ingin ajarkan melalui seorang anak kecil ? Anak kecil mempunyai 2 peran. 1. Perannya sebagai anak ( kepada orang tuanya ) yang akan berdampak pada  Perannya secara horisontal (terhadap teman/sodara dll). Hal paling mendasar yg dimiliki oleh seoran anak kecil adalah ; Bagaimana dia bergantung secara penuh kepada Tuhan. Pertumbuhan iman Kristen adalah pertumbuhan yang semakin turun dalam pengertian kita semakin menjadi seperti anak kecil. Dalam hal ini kita semakin bergantung kepada Tuhan. Waktu kita masih bayi, kita pergantung secara total kepada orang tua kita. Tetapi semakin dewasa, kita menjadi semakin tidak bergantung pada orang tua ( mandiri). Inilah manusia. Manusia bertumbuh dari kecil menjadi dewasa dari bergantung menjadi semakin mandiri (independent). Tetapi pertumbuhan kerohanian betul-betul terbalik dari pertumbuhan fisik manusia. *


Truth Faith and Humility

Tirus merupakan salah satu kota yg terdapat di pesisir wilayah palestina. berjarak sekitar 85 km dari Yerusalem. Kota ini dihuni bukan saja oleh orang israel tetapi juga oleh  bangsa campuran. Salah satunya adalah untuk orang kanaan. Matius 15 :21-28 mengisahkan tentang kisah seorang wanita kanaan yg datang kepada Yesus untuk meminta bantuan dariNya agar anaknya diselamatkan. Dalam konteks bacaan ini juga, Tuhan kekasih kita Yesus Kristus menguji iman dari wanita kanaan tersebut.

  1. Wanita kanaan tersebut datang kepada Yesus, Ia melakukannya dengan berteriak-teriak. Dalam bahasa ibrani, berteriak2 ditulis sebagai krazō yg mengarah ke bahasa inggris  “croak” yg artinya berteriak dengan suara yg parau. Artinya wanita ini memohon kepada Tuhan Yesus dengan sungguh-sungguh...(21-23)
  2. Wanita kanaan mendatangi Tuhan Yesus bukan meminta penyembuhan anaknya, melainkan meminta belas kasihan dari Tuhan Yesus.Disetai dengan pengakuannya bahwa Yesus adalah Tuhan (kurios) dan juga anak daud. (22)
  3. Wanita ini memohon belas kasihan Tuhan Yesus karena anak perempuannya sangat menderita.  Di sisi ini, saya bisa melihat bagaimana seorang ibu, rela berbuat apa saja untuk anaknya, dan betapa ibu ini sangat menyayangi anaknya, dan tidak ingin anaknya menderita. - bahkan ia rela mendatangi Yesus - sesuatu yg sebenarnya dilarang karena suku israel dan bangsa campuran tidak boleh bersama - seperti Tuhan Yesus dengan perempuan samaria..(22)
  4. Tuhan Yesus mengujinya 2 kali, namun dia tetap bersikukuh bahwa dia pantas di kasihani dan ditolong (25-27)
  5. Wanita itu merendahkan dirinya serendah-rendahnya dihadapan Tuhan Yesus, dan mengakui bahwa dalam keadaannya yg tidak layak, dia masih ingin memperoleh pengasihan dari Tuhan Yesus.(27)
  6. Tuhan Yesus berkata  "O woman, great is your faith! Be it done for you as you desire." Tuhan Yesus memuji iman dari wanita ini....dan anaknya sembuh....
Perintah Allah vs Adat Istiadat

Perintah Allah vs Adat Istiadat

Orang Farisi mempertanyakan mengenai "Mengapa murid-murid-Yesus melanggar adat istiadat nenek moyang kita? Mereka tidak membasuh tangan sebelum makan.". Yesus pun menyatakan kepada orang-orang farisi  " "Mengapa kamupun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu? "

Dari percakapan Tuhan Yesus dengan Ahli taurat,  Tuhan Yesus ingin menekankan bahwa, adat-istiadat yg dipegang seharusnya bersinergi dengan Firman Tuhan. Adat istiadat tidak lebih tinggi posisinya dari firman Tuhan dan  Firman Tuhan memegang otoritas dari segala adat- istiadat. 

Disamping konteks adat-istiadat orang farisi, saya ingin sedikit membahas mengenai adat di papua. Dalam keseharian saya, banyak hal yang kadang membuat kita memilih untuk lebih mengikuti adat-istiadat dibandingkan mengikuti kebenaran dalam firmanNya. misalnya ;
  •  Kalau ke kuburan, jangan lupa bilang "permisi" kepada keluarga kita yg sudah mati
  • Menikah dalam adat lebih penting dibanding nikah gereja, jadi kadang pernikahan dalam adat dilakukan lebih dulu, kemudian beberapa tahun setelahnya baru dilakukan pernikahan di gereja.
  • Kecenderungan untuk mencari dan menggunakan "orang pintar" dibanding mencari petunjuk dari Allah
  • Boleh saja tipu untuk kebaikan,dll...
  • dan lain sebagainya..
Jika kita mengaku sebagai pengikut kristus, seharusnya kita menyerahkan hidup kita secara total kepada Tuhan. Bukan sebagian percaya kepada Allah, sebagian lagi percaya kepada Adat Istiadat. Hal ini menyebabkan kita tidak konsisten terhadap status dan peran kita.

Yesaya berkata " Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia." 

Implikasi : Berkomitmenlah untuk setia kepada Allah, sumber kebenaran yg hakiki...

Parables [baca ; perumpamaan]

Parables [baca ; perumpamaan]

Matius 13 berisi pengajaran Tuhan Yesus yg Dia sampaikan dalam bentuk perumpaan. Beberapa perumpamaan yg disampaikan adalah mengenai penabur, lalang diantara gandum, mutiara yang berharga dan pukat.  Murid-murid bertanya kepada Yesus, mengapa Ia menyampaikan dalam perumpamaan ?  Menurut  alkitab, Yesus berkata bahwa; tidak semua orang mempunyai anugrah untuk memahami kebenaran firman Tuhan. Terlepas dari pro kontra mengenai maksud Tuhan Yesus menyampaikan dalam perumpamaan,  Ada beberapa alur yg merupakan kesimpulan saya terhadap beberapa perumpamaan ini.
  • Penabur membahas mengenai bagaimana sikap hati seseorang terhadap firmanTuhan.  Apakah kita sungguh-sungguh percaya, memahami, merenungkan, atau melakukan setiap firman yg telah terdapat dalam alkitab.
  • Perumpaan tentang lalang di antara gandum mengarahkan saya kepada pemahaman bahwa saya masih hidup di dunia yg fana. Ada keadaan dimana kita akan bertemu dan hidup berdampingan dengan 'lalang-lalang' di sekitar kita. Hal ini menyebabkan kita harus konsisten, dan jangan terpengaruh, sehingga 'mati oleh lalang'.
  • biji sesawi mengajarkan kita untuk memiliki iman yg besar, meskipun terksesan sulit, namun kita dapat memiliki iman yg sanggup untuk memindahkan gunung sekalipun.....
  • Perumpamaan tentang harta terpendam seperti menunjukan bahwa  ada hal lain yg lebih berharga dari seluruh hidup kita, yaitu Hal Kerajaan sorga / kekekalan...
  • Perumpamaan tentang pukat mengisahkan mengenai penghakiman di akhir zaman...
Bagaimana dengan pandangan teman-teman yg lainnya ?

Pasar Seni ITB

Unit Kebudayaan Irian (UKIR) Salah satu unit kebudayaan yg terdapat di ITB, diberikan kesempatan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan pasar seni yg diselenggarakan oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).
Sabagai salah seorang putra papua juga, saya juga terlibat di dalam kegiatan tersebut. Kami akan menyanyi dan menarikan tarian "pangkur sagu". Setelah berada di kampus, kami akan live perform pd pukul 10.45, ternyata dalam even yg di selenggarakan 4 tahunan ini menyedot perhatian masyarakan yg sangat besar..Entah berapa juta manusia yg datang memadati kampus tersebut. kami menyanyi dan menari dengan cukup baik, meskipun ada beberapa gerakan dan lirik yg salah, namun kami bersyukur, penonton memberikan applause yg meriah dan sepertinya mereka cukup menikmati performance yg kami lakukan....
Setelah istirahat sejenak, saya dan kk bevi melanjutkan perjalanan mengelilingi ratusan stand yg tersedia sepanjang itb... Stand-stand yg ada sangat bervariasi dan menawarkan aneka barang2 unik yg sepertinya tidak bisa kita jumpai dihari biasa..

Saking rame dan meriahnya acara ini, polisi sampe menutup jalan ganesha dan taman sari, dan dapat ditebak kemacetan yg ditimbulkan...ckckck parah banget..Oh iya saya sempatin diri untuk bli baju kaos, prangko dengan foto saya, dan kalung untuk welly... karena kerumunan orang yg sangat banyak, saya pun pulang jam 13.00.






Trip to Taman Safari

Setelah tidur 4 jam di sudirman park, saya menemani mama dan teman-teman untuk berkunjung ke Taman SAfari. SAya diminta bantuan untuk mendokumentasikan kegiatan mereka di taman safari tersebut. Perjalanan selama 1,5 jam ditempuh melalui tol jagorawi - ciawi - dan taman safari. Sebelum masuk kami sempatkan dulu  membeli  " makanan " bagi hewan-hewan di taman safari, seperti wortel dan pisang. ( buah-buah ini sangat banyak dijual.  Ketika masuk dalam T.Safari, pemandangan yg disajikan sangat menarik. Bukannya takut dan menghindar, banyak binatang yg langsung ' menuju mobil-mobil yg sedang berjalan pelan sepanjang jalan. Sepertinya mereka sudah paham benar bahwa penghuni mobil-mobil tersebut bakal memberikan makanan kepada mereka. Sebelum kaca jendela dibuka, rusa, lama, dan zebra sudah terlebih dahulu mengerumuni kendaraan.
 Jika teman-teman turunin kaca dikit aja, langsung diserbu oleh  hewan-hewan tersebut. 'Keramahan' dari hewan-hewan ini memberikan pengalaman tersendiri bagi kami... Saya sendiri sangat menikmati waktu-waktu indah dengan hewan-hewan tersebut. Tapi ada beberapa hewan yg tidak kami berikan. Hal ini disebabkan oleh ukuran mereka yg sangat gede, bahkan setinggi mobil, dan tanduk mereka yg keras dan panjang. Takutnya justru akan merusak mobil yg kami tumpangi. 


Hewan- hewannya sangat variatif, mulai dari dari lamma, zebra, jerapa, anoa, singa, harimau, bison, dan masih banyak lagi. penasaran ? datang aja sendiri... hehehe.... setelah selesai perjalanan safari, kami beristirahat sejenak di zona istirahat yang disediakan. Waktu itu saya manfaatkan untuk melihat taman burung dan juga taman binatang bayi. Saya sangat menikmati dan antusias dengan  momen ini...semoga kelak bakalan berkunjung lagi ke taman safari....




Apartemen Sudirman Park 42th floor, Jakarta

Malam ini adalah moment indah dimana saya kembali bertemu dengan ibu saya. Kebetulan beliau sedang mengikuti kegiatan di jakarta. Saya diijinkan juga untuk mengunjungi ibu. Ibu dan teman-teman menginap di apartemen sudirman park di daerah karet. Dekat juga sih dengan bendungan hilir ( Benhil ). Yang membuat heboh adalah ;mereka menginap di lantai 42 ! ini yg membuat saya syok juga. Maklum. ini kali pertama dalam seummmuuurrrr hidup saya, nginjak lantai yg lebih dari 20-an...

Dulu gedung tinggi yg sering saya jumpai adalah petra, kemudian Gedung baru di Departemen Perdagangan, itupun cuma dilantai 16, skarang ini langsung naik ke lantai 42 booo, sangar banget....Tapi ternyata pemandangan yg di peroleh cukup keren....Dengan menggunakan teknik slow speed, - meskipun tidak menggunakan tripod,gambar yg dihasilkan pun sangat halus dan indah dipandang. Untuk melihat gambar dalam ukuran penuh, silahkan diklik pada tampilan gambar di bawah ini atau melihat pada photoblogku





Ternyata kalo pagi, pemandangannya seperti ini, kl dari lantai 42



Farisi vs Tuhan Yesus

Farisi vs Tuhan Yesus

Matius 12 mengisahkan mengenai konflik yang terjadi antara kaum farisi dengan Tuhan Yesus.

Ada 3 konflik yang terjadi dalam pasal ini, yaitu:
1. Ketika murid-murid memetik gandum pada hari sabat
2. Ketika Yesus menyembuhkan orang pada hari sabat
3. Ketika Orang Farisi memfitnah Yesus - Ketika menyembuhkan orang yang kerasukan.

Berdasarkan konflik yg terjadi di atas, ada beberapa sikap yg dapat saya pelajari melalui pembacaan saya di pagi ini.
  • Orang Farisi cenderung melaksanakan hukum taurat cuma sekedar seperti pedoman, tanpa makna/pemahaman yg jelas,(2) - ilmu tanpa iman.
  • Orang farisi menghakimi Yesus dan murid2 karena tindakan mereka pada hari sabat.(2)
  • Orang farisi 'menguji' Tuhan Yesus, dengan pertanyaan-pertanyaan yg sebenarnya mereka sudah tau mau diarahkan kemana pertanyaan tersebut.(10b)
  • Orang farisi sombong dan penuh kebencian (14)
  • Orang farisi memfitnah Yesus (24)

Ketika mereka melakukan hal tersebut, Tuhan Yesus menunjukan kepada mereka bahwa sifat-sifat yg mereka milki adalah tidak tepat.!

Apasih orang farisi itu ?  Dalam bahasa ibrani , Orang farisi disebut dengan Φαρισαῖος atao Pharisaios; yang berarti "
 a separatist, that is, exclusively religious; a Pharisaean, that is, Jewish sectary: - Pharisee.
" atau pengikut yahudi dengan keimanan yg eksklusif. Wiki memberikan persepsi bahwa farisi adalah  adalah sebuah partai politik, sebuah gerakan sosial, dan belakangan sebuah aliran pemikiran di antara orang-orang Yahudi yang berkembang pada masa Bait Suci Kedua (536 SM–70 M). Konsep dasar agama bagi kaum Farisi adalah kepercayaan. Pembuangan ke Babel dipahami sebagai akibat dari kegagalan Israel mematuhi hukum Taurat. Kepandaian kaum Farisi dalam menafsir ini diperoleh dari proses pendidikan agama secara akademis

Mereka dikenal sebagia pemimpin dalam rumah ibadah, merekalah yang mendalami hukum taurat dan masyarakat awam menjadikan mereka sebagai guru- karena pada waktu itu, tidak semua orang dapat mengartikan hukum taurat.


Baju K Ge rev Version #2

Setelah berembuk dengan k ge, ada beberapa perubahan yg dilakukan.. semoga k ge dapat memberikan masukan lagi.
Detailnya: 
Bahan   :  Kain soft combed, 
warna   :  Hitam kelam..
Ukuran : #N/a - untuk saat ini blom ada
Jumlah  : 1 lusin


Tampak Depan
Tampak Belakang

Flickr Images