Jangan sampe sakit gigi!!! [Bahaya]

Jarum2 menakutkan
Sudah sekitar 3 bulanan ini, sakit gigi menjadi bagian yg tak terpisahkan dari diriku. Sudah ada beberapa gigi yg bolong, sehingga perlu dirawat. istilah di sini neh, konservasi gitu..hehehe..Dalam beberapa kesempatan sih, ngak terlalu masalah. saya bisa tetap mengikuti pengobatan..
Sampe pas 3 minggu yang lalu, ternyata ada satu gigi saya yg baru ketahuan kl bolong. Maklum, awalnya cm sekecil lubang jarum (beneran) tapi ternyata setelah dibongkar, lubangnya sudah gede dan dalam banget...!!
Saking dalamnya, saya juga langsung diminta foto..(fotonya di update belakangan deh). Berdasarkan hasil foto (xray) ketahuan bahwa bocornya sudah sampe ke akar gigi. Kenapa sampe selama ini ngak ketahuan ? usut punya usut, ternyata disebelah gigi itu baru selesai ditambal, makanya pemikiran saya, bekas tambalan itu yg sakit..(Regio 17). Ternyata gigi yg lainnya juga ikutan golong ( Regio 15). Nah kalo udah "bocor" sampe ke akar, tindakan medis yg dilakukan tuh semakin panjang. Bisa sih cm dicabut. cuma sayang banget...Ngak ada gantinya... Mending dikonservasi aja, Biar giginya tetap ada...

Nah temen2, saya mau jelasin ini proses perawatan yg panjang dan penuh "penderitaan" ini.

Proses penyembuhannya kl secara singkat tuh seperti ini;
  1. Matiin Akar - Ato pulpa, sebagai pusat kehidupan gigi
  2. Perawatan Akar
  3. Pemberian Obat pengganti akar yg mati (Layer 1)
  4. Pemberian obat sebagai perantara antara akar dengan materi penutup gigi (semen) (Layer2)
  5. Lapisan atas, seperti email gitu ( Layer 3)

skarang akan kujelasin satu persatu.
  • Pas proses pertama ini lumayan sakit...sakitnya baru kerasa pas pulang, soalnya obatnya bekerja rada lambat, jadi 6 -12 jam kemudian br kerasa sakitnya. Di kasihlah saya obat, namanya eugenal..Aduh sakitnya lumayan...menakutkan deh pokoknya...
  • Nah setelah sarafnya mati, ntar di bersihin lagi sama si dokter,. Disini ini yg menakutkan teman2...untuk cari akarnya gigi, menggunakan jarum2 kecil sepanjang 10-15cm. Dan akan ditusukan sampe dapetin pusat saraf.Kadang kita bisa ngerasa sakitnya. saya sendiri karna rasa sakit, pusingnya bakalan lama di otak bagian kanan...menakutkan.Proses carinya juga lumayan lama..Jika dokter sudah temuin akarnya, baru dilakukan perawatan lagi. Yg ngak enak, untuk membersihkan giginya-istilahnya "irigasi", digunakan larutan yg baunya mirip dengan bayclin . Ngeri deh...wkwkwwk. Setelah itu dimasukin bebrapa bahan kimia untuk perawatan akar...dan tambalan sementara, seperti chlorhexidine,creshophate,zink oxide dan semen base.
  • Setelah itu kita tunggu selama seminggu, kl sudah membaik akarnya br dilakukan penambalan akhir. Karena saya ngak kembali kedokter, dan menunda selama seminggu, gusi saya membengkak segede anggur ijo. Dan sakit banget.. Pas balik ke dokter, ogut dimarahin dulu, dan ternyata butuh 1 minggu lagi untuk menurunkan bengkak. Setelah jadi bekas tambalan lama kembali dibongkar, dan jarum2 menakutkan  itu kembali digunakan dimulut saya..
  • dan sekarang saya masih dalam tahapan penyembuhan, jadi butuh waktu ...
  • Saran saya untuk teman2...rawatlah gigi kalian dengan baik....

OBat antibiotik dan perlengkapan gigi punya saya


ini juga obat2 tadi

Ini juga.....T_T


Mata bor untuk mengebor gigi...

Jarum2 menakutkan tadi...

1 comments:

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)