Mengecek Kondisi Power Supply Rusak/ Tidak

Kemaren komputer saya gak bisa nyala seharian. Saya jadi ingat kata teman saya bagaimana cara mengecek  bagaimana mengecek PSU (power supply unit) yg error. Berikut ini langkah-langkahnya :
 Siapkan PSU, dan persiapkan sambungan kabel (saya biasa menggunakan salah satu kabel LAN, atau bisa menggunakan klip kertas.
1. Cari kabel yang berwarna hijau dan hitam, kemudian hubungkan dengan menggunakan klip kertas tersebut.

2. Colokkan kabel powernya ke listrik 
3. Kalau Kipas Power Suplly berputar berarti power supply nyala dan sebaliknya.
4. Akan tetapi Kipas Power Supply berputar belum tentu menandakan bahwa power supply itu bagus, karena ada banyak kasus power supply ATX itu mengalami arus/daya drop sehingga ketika disambungkan ke mainboard dan dibebani dengan harddisk, Komputer tetap tidak nyala / mati tapi kondisi fan masih berputar. Kondisi inilah yang dinamakan Power Supply Ngedrop.

Kalo gambarnya, silahkan  cek seperti gambar berikut ini :


Contoh penggunaan pada pin 20

Pada pin 20 dan 24 mekanismenya sama aja, hal ini dimungkinkan. Berikut ini spek detail dari tiap pin pada PSU.
Nah setelah dicek, ternyata PSU ku masih baik, makanya saya dapat memperbaiki....jadi deh :D