Merenungkan Firman Tuhan

Mazmur 1 :1-6

from Crossmap -alkitab
Pemazmur menjelaskan dengan jelas tentang kesukaan menjadi orang yang tekun dan taat, bahkan mempunyai kesukaan merenungkan firman Tuhan siang dan malam.Penulis menunjukan bahwa ketika seseorang mempunyai motivasi yang benar dalam menekuni firman Tuhan, ia akan :
  1. Tidak berjalan menurut nasehat orang fasik
  2. Tidak akan berdiri dijalan orang berdosa
  3. Tidak duduk dalam kumpulan pencemooh
Orang yang merenungkan firman Tuhan dengan benar akan :
  1. Berbahagia !!! (ayat 1)
  2. Seperti pohon yang selalu memperoleh air 
  3. Akan menghasilkan buah pada musim/waktunya
  4. Tidak akan menderita kekeringan/ layu daunnya
  5. Apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Dari sini saya belajar bahwa, ketika kita mempunyai "kesenangan" untuk merenungkan firman Tuhan, maka semua hal yang saya sebutkan di atas akan kita alami.

Pertanyaannya adalah "bagaimana merenungkan firman Tuhan siang dan malam" ? menurut saya pertanyaan itu relevan dengan "bagaimana firman Tuhan itu bisa menjadi kesukaan kita ?" Firman Tuhan akan sungguh-sungguh menjadi kesukaan ketika kita mempunyai pemahaman yang benar bahwa kita membutuhkan relasi yang dekat dengan Tuhan. 

Sangat naif ketika sy berkata saya mencintai Tuhan, tapi sy tidak mau memberikan banyak waktu saya untuk berkomunikasi denganNya. Ketika saya mengatakan kepada pacar saya "saya mencintaimu", saya akan berusaha sebaikmungkin untuk selalu menyenangkan hatinya, membuat dia bangga dengan saya, selalu memberikan yang terbaik bagi dia. Saya akan mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan dia. Makanan kesukaannya, minuman kesukaan, hal2 yg dia gak sukai dan sebagainya. Ketika saya tahu bahwa apabila selingkuh dengan cewek lain akan membuat dia sedih dan kecewa kepada saya, saya tidak akan melakukannya.
Begitu juga dengan relasi kita dan Tuhan, ketika kita sungguh-sungguh mencintai Tuhan, kita harus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagiNya, menyenangkan hatiNya, dan melakukan yang dia kehendaki dan tidak akan melakukan apa yang akan membuat Tuhan sedih...

Bagaimana kita tahu apa yang Tuhan kehendaki ? Melalui firmanNya.
Bagaimana kita tahu apa yang buat Tuhan senang ? Melalui firmanNya.
Bagaimana kita tahu apa yang membuat Tuhan sedih ?  Melalui firmanNya. 

Bagaimana kita tahu bahwa kita sungguh-sungguh mengasihi Tuhan atau tidak ? Cek saja, seberapa banyak waktu yang kita gunakan untuk berkomunikasi dengan Dia. Seberapa sering kita membaca firmanNya, dan bagaimana motivasi kita ketika membaca firman Tuhan, Apakah hanya sebatas mengejar "setoran" pasal per hari, atau agar gak akan "bohong" ketika ditanya "sudah sateh ari ini ?" atau karena kita sungguh-sungguh ingin mengetahui siapa Tuhan itu. Mungkin itulah gambaran saya mengenai  ayat, " kesukaannya ialah Taurat Tuhan dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam."

Oh iya, ketika kita sudah mengaku orang kristen, mengasihi Tuhan dan mencintai Tuhan, namun tingkah laku kita masih BERJALAN di jalan orang fasik, maka sudah seharusnya kita mengoreksi diri kita...

Tuhan mengasihi kita semua

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Realtek Audio Ngak Kebaca (Failure)

6 Film Kristen yang sangat Inspiratif