Etos Kerja

"seorang kristen harus mampu memberikan pertanggungjawaban yang baik, bukan hanya apakah bentuk pekerjaannya, tetapi juga bagaimanakah dirinya di dalam melaksanakan pekerjaannya"

Awal kedatangan saya, sudah banyak gambaran mengenai apa yang akan saya kerjakan di tanah ini, Papua. Idealisme saya mulai semakin meyakinkan saya untuk memberikan sesuatu bagi papua.. Membantu menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang dapat menjadi pemimpin kelak di papua. Secara umum, ingin agar papua semakin maju...Anak2 papua,bisa berbuat sesuatu.

Saya bersyukur karena awal kedatangan saya, saya bisa membuat sedikit perubahan...- Meskipun perubahan itu kecil, dan kadang disepelekan oleh orang lain :D

Beberapa contoh hal kecil yang saya lakukan adalah, :
  1. Konsisten dan disiplin terhadap jam kuliah. kalo jam 8 pas mulai kuliah. Kalo saya telat 15 menit, kuliah batal, sedangkan kalo mahasiswa telat 15 menit, diitung absen.. (kondisi ini tidak berlaku kalo ujan/ kampus di palang)
  2. Bersih-bersih ruangan, nan membuat pengumuman agar sampah dibuang pada tempatnya
  3. Bersama-sama mahasiswa ngecat tempat parkir (garis pembatas) - jadi parkir motor sudah lebih rapi.
Hal tersebut memberikan sukacita tersendiri karena saya bisa melihat bagaimana mahasiswa berproses dan menjadi lebih baik, meskipun melalui hal yang sangat simpel.Melalui hal ini saya belajar mengenai bagaimana mempunyai sikap, karakter dan perilaku yang baik, sebenarnya sangat berdampak bagi mahasiswa -atau orang yang mengikuti kita.

Ketika saya belajar tentang Yusuf, mengenai etos kerjanya, -Hasil PA teman-teman PA Perkantas Abepura - saya semakin dibukakan mengenai bagaimana relasi Yusuf dengan Tuhan bisa membawa dampak yang luar biasa dalam pekerjaannya. Dalam Kejadian 39:1-6, dikatakan bahwa segala pekerjaan Yusup dibuat berhasil -bahkan potifar bisa melihat bagaimana Tuhan memberkati kehidupannya melalui Yusuf.

Etos kerja dapat diartikan sebagai sikap, karakter dan perilaku seseorang  yang lahir dari keyakinan dan paradigma seseorang tentang etos kerja.Poin penting yang ingin disampaikan di sini adalah, bahwa sikap kita ketika bekerja, lahir dari pemahaman yang benar tentang makna bekerja itu sendiri. 

Hal ini akan sangat kelihatan bedanya, ketika kita diperhadapkan dengan kondisi sekitar yang kelihatan sangat bertolak belakang. sebagai contohnya ini nih,
1. Misalnya kita kerja sangat rajin ,tekun dsb. Ketika kita mengentahui bahwa ada pendapatan kita lebih rendah dari teman kita yg jauh lebih malas, semangat bekerja kita turun.
2. Kita berbuat sesuatu, namun orang lain tidak menghargai apa yg kita kerjakan, membuat kita kerja asal2an...

dalam kondisi seperti tersebutlah, kita dapat melihat perbedaat antara etos kerja kita dengan etos kerja orang lain. Apakah sama ato berbeda.

Sebagai perenungan, apakah kita sudah memiliki etos kerja yg didasarkan atas pemahaman yang benar ? selamat mencoba :D

Komentar

Femi Aquila mengatakan…
Semangat Emo!!..smg Emo dipakai oleh Tuhan secara luar biasa tuk jd berkat utk Papua..JBU bro:)
Welly Lokollo mengatakan…
Semangat kk :) makasih selalu jadi teladan buatku

Postingan populer dari blog ini

6 Film Kristen yang sangat Inspiratif

Going the extra mile...

7 Film Olah Raga Pemberi Inspirasi