Mazmur 3 : TUHAN, adalah perisai yang melindungi aku

Konteks bacaan dari Mazmur 3 adalah ketika Daud dikhianati oleh anaknya Absalom.  Absalom telah "mengkudeta" Daud, bapaknya, dan hal tersebut menyebabkan Daud harus pergi melarikan diri..Kondisi yang dialami daud adalah  "Daud mendaki bukit Zaitun sambil menangis, kepalanya berselubung dan ia berjalan dengan tidak berkasut. Juga seluruh rakyat yang bersama-sama dengan dia masing-masing berselubung kepalanya, dan mereka mendaki sambil menangis. ".  Seorang raja yang dianggap sebagai pahlawan, harus melarikan diri (seperti pengecut ).

Dalam kondisi yang buruk seperti itupun, daud datang kepada Tuhan. Daud sungguh paham bahwa dalam kondisi yang paling buruk seperti itupun, Tuhan akan tetap melindunginya. Daud mempunyai keyakinan bahwa Tuhan akan memulihkan hidupnya.  "Tetapi Engkau, TUHAN, adalah perisai yang melindungi aku, Engkaulah kemuliaanku dan yang mengangkat kepalaku. "

Ketika kita diperhadapkan dengan masalah, dan persoalan, ketika kita dalam tekanan yang sangat besar kita masih bisa berkata bahwa "engan nyaring aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku dari gunung-Nya yang kudus"