Persekutuan yang sejati.

Persekutuan....itu juga merupakan salah satu pergumulan yang saya hadapi.."bagaimana memahami persekutuan yang sebenarnya berdasarkan alkitab"?..Apa benar persekutuan yg sudah saya lakukan selama ini ?
 Sebuah renungan singkat tentang persekutuan ini semoga dapat membantu pemahaman kita tentang persekutuan.

 Kisah Pr. Rasul 2:41-47 
Persekutuan merupakan salah satu istilah yang sangat umum dalam kekristenan. Sayang, istilah ini sering dimaknai secara dangkal. Bagi kebanyakan orang, kata ini sudah berarti sama dengan pertemuan ibadah (“Datang ke persekutuan”) atau suatu perkumpulan rohani (“Menjadi pengurus persekutuan”).

Kata persekutuan dalam kehidupan jemaat mula-mula diterjemahkan dari kata Yunani koinonia (ayat 42), yang secara harfiah berarti “memiliki atau berbagi suatu hal bersama”. Perhatikan bacaan Alkitab kita, dan kita dapat menemukan banyak hal yang dimiliki dan dibagikan secara bersama di antara jemaat mula-mula, baik dalam kehidupan rohani maupun keperluan jasmani. Itulah yang terjadi ketika koinonia berfungsi sepenuhnya. Pertemuan raya di Bait Allah dan perkumpulan di rumah-rumah menjadi penting karena melaluinya jemaat mengalami koinonia (ayat 46). Persekutuan yang berfungsi sepenuhnya memikat hati banyak orang untuk datang dan beroleh selamat (ayat 47). 

Sekadar kehadiran atau bahkan kepengurusan pada sebuah persekutuan tidak sama dengan hidup dalam koinonia. Persekutuan yang sejati perlu memiliki koinonia dalam visi, komitmen, dan praktik hidup sehari-hari. Kita hidup dalam zaman di mana ketidakpedulian pada orang lain dan keberpusatan pada diri sendiri mejadi nilai-nilai umum. Adakah dunia menemukan oasis yang memenuhkan dahaga mereka akan koinonia di tengah persekutuan orang percaya? Bagaimana dengan persekutuan di tempat Anda berada?


Moga aja renungan ini dapat mengubah paradigma kita tentang persekutan...
oh iya, ini teman2 persekutuan saya, tempat saya saling berbagi dan mengasihi dengan mereka...

Ade2 Pas waktu Sy mau berangkat

Teman, ...eh salah. SAUDARA terkasih di Pelayanan Mahasiswa..ketua,bendahara n litbang sudah duluan merrid...sekretarisnya blom hehehehe


Adik2 Pemasa (Persekutuan di Gereja )

Besama teman2 sehabis leadership weekend

Anak2 PEMLA menunggu pembagian baju... LMKK !!
Pas Sisca n Leni Pulang ke kupang..semua antar ke bandara,,,

Teman2 Outbond


NB: Bahan renungannya dari sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Realtek Audio Ngak Kebaca (Failure)

6 Film Kristen yang sangat Inspiratif

Merenungkan Firman Tuhan