Kebiasaan Membunyikan Jari Picu Kerusakan Sendi

Jakarta, Kebiasaan membunyikan atau meretakkan buku-buku jari mungkin sering Anda lakukan ketika letih menulis, mengetik atau bahkan ketika Anda tidak melakukan apa-apa. Sebaiknya hilangkan kebiasaan itu karena dapat mengundang bahaya.

Setelah seharian mengetik di depan komputer atau melakukan aktivitas yang berat, meretakkan buku-buku jari hingga berbunyi memang sungguh nikmat. Rasanya seperti melepas lelah dan ketegangan tangan dan tubuh.

Namun ternyata, kebiasaan itu bisa menimbulkan bahaya dan kerusakan pada persendian. Untuk membuktikannya, para ahli mencoba membuat sebuah model persendian untuk mengetahui darimana asalnya sumber bunyi ketika kita meretakkan buku-buku jari dan bagimana efeknya pada persendian.


Berdasarkan hasil riset tersebut, diketahui bahwa membunyikan buku-buku jari dapat memicu keluarnya cairan sinovial yang akan berubah menjadi udara bersamaan dengan keluarnya bunyi seperti retakan.Pendekatan lain menyebutkan bahwa suara retakan berasal dari gesekan otot dengan permukaan. Apapun sumber bunyi tersebut, namun para peneliti mengingatkan bahwa meretakkan buku-buku jari tetap saja berbahaya.

"Gerakan membunyikan buku-buku jari adalah kebiasaan yang salah karena menyalahi aturan persendian normalnya dan dapat menghancurkan tulang-tulang rawan di dalamnya," ujar Edmund Edelma, ketua German Rheumatologists Association (BDRh), seperti dilansir Geniusbeauty, Jumat (31/7/2009). "Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka dapat menimbulkan penyakit sendi yang kronis di kemudian hari," tambah Edelma.

Rekomendasi Obat


img

Prouric



Sumber : http://health.detik.com/read/2009/07/31/120046/1175013/766/kebiasaan-membunyikan-jari-picu-kerusakan-sendi

Komentar

Anonim mengatakan…
baru tau saya.
ternyata bahaya juga ya?
infonya keren.

Postingan populer dari blog ini

Realtek Audio Ngak Kebaca (Failure)

50 Tahun Salah Paham

6 Film Kristen yang sangat Inspiratif