Tips Komunikasi dengan pasangan :)

Dalam buku Love That Lasts, Gary dan Betsy Ricucci berbagi sepuluh tips komunikasi yang dapat menolong kita menghadapi konflik dlm hubungan kita :

1. Belajarlah mengekspresikan perasaan dan frustasimu dengn jujur, tanpa menyerang atau mempersalahkan partnermu (ams 11:9)

2. Pilihlah kata-kata, ekspresi dan nada bicara yg lemah lembut dan sopan. Jangan gunakan kata-kata yg mudah melukai perasaan atau yang mudah menyulut perdebatan (ams 15:1)

3. Jangan membesar-besarkan atau membumbui. Hindari kata-kata ekstrim seperti "tidak pernah" dan "selalu" (ef 4:25)

4. Berikan contoh yang nyata dan spesifik. Kalau perlu, buatlah catatan sebelum berkomunikasi. Hindari segala sesuatu yg bersifat umum

5. Bertekadlah untuk mencari jalan keluar, bukan mengumbar omelan. Membalas bukan tujuan kita. Tujuan kita ialah menyelesaikan masalah (Rom 12:17-21)

6. Dengarkan apa yg dikatakan, dirasakan, dan diperlukan pihak lain. Cobalah melihat apa yang menjadi akar permasalahannya (Yak1:19)

7. Jangan menyimpan kepahitan, kemarahan, beradu debat, atau mendiamkan konflik. Walaupun perasaan-perasaan îτϋ wajar, kita berdosa jika membiarkannya tetap άϑą (ef 4:26)

8. Jangan ragu mengakui kesalahanmu sendiri. Bersegeralah mengampuni partnermu. Pastikan kita tidak menyimpan kesalahannya dalam hati (Luk 17:3-4)

9. Tetaplah berkomunikasi dan saling bertanyalah sampai ќαмϋ tahu bahwa kalian berdua saling mengerti apa yang dikatakan dan dirasakan masing-masing orang. Sambil mencari jalan penyelesaian, masing-masing harus saling memberi dorongan (Rom 14:19)

10. Biasakan mulut dan hatimu mengatakan hal yang tepat pada saat yang tepat, dengan cara yang benar dan dengan alasan yang benar

Selamat mencoba :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Film Kristen yang sangat Inspiratif

Going the extra mile...

7 Film Olah Raga Pemberi Inspirasi