C.I.N.T.A

Definisi Jatuh Cinta : Sebuah perasaan dalam hati yang tidak dapat dilukiskan tentang seseorang dengan harapan dapat memiliki, ingin membahagiakan dan tidak ingin terpisah. Josh Mc Dowell menyebutkan: "Cinta sebagai sesuatu yang diharapkan semua orang. Tanpa cinta manusia tidak sempurna. Kehilangan cinta manusia akan menjadi putus asa".

JENIS-JENIS CINTA:
* True-Love
Cinta yang memberi dampak positif dalam kehidupan seseorang; dia merasa berharga, dia lebih semangat dalam berkarier; mendorong untuk memiliki masa depan yang berkemenangan. True love selalu berakhir dengan kebahagiaan.
* False-Love
Cinta yang memberi dampak negatif dalam kehidupan seseorang; dia tidak maju, berkembang dalam dosa (seperti menjadi penipu, pembohong, berzina karena cinta, malas belajar). False love selalu berakhir dengan kehancuran.
* Captive-Love
Cinta yang membelenggu seseorang, sehingga tidak ada hal lain yang dipikirkan dan dikerjakan kecuali cinta. Akhir dari cinta ini biasanya kekecewaan.

PENYEBAB TIDAK MENDAPATKAN TRUE LOVE:
* Ketidakmengertian tentang arti cinta yang sesungguhnya
Banyak yang menghubung-kan cinta sebagai kesenangan sesaat atau daya tarik sexual yang menggiurkan.
* Ketidaksadaran akan tanggung jawab dalam cinta
Cinta bukan hanya "saya tertarik dan saya ingin mendapatkannya". Namun cinta adalah "TANGGUNG JAWAB". Tanggung jawab di sini membutuhkan kedewasaan dan visi hidup yang jelas, apa setelah jatuh cinta ini ? (Berarti ketertarikan tidak boleh selalu dihubungkan dengan jatuh cinta).
* Terlalu tertipu dengan romantika dan pengalaman sexual
Televisi dan majalah serta buku-buku menggambarkan jatuh cinta sebagai pengalaman romantis yang membawa pada pengalaman sexual, mulai dari yang ringan seperti pelukan, ciuman, hingga yang berat seperti hubungan sex. Namun hal tersebut adalah menyesatkan karena romantika dan sex adalah pengikat perkawinan dan bukanlah bumbu cinta.
* Tidak menghubungkan cinta dengan penciptanya
Banyak orang muda justru menjadikan cinta sebagai sesuatu yang tidak boleh dihubungkan dengan kerohanian. Ini salah besar. Justru orang yang jatuh cinta harus berdoa dengan benar, apakah ini kehendak Tuhan ?, ataukah hanya gejala ketertarikan kepada lawan jenis sebagai konsekuensi gejolak kemudaan.


HAL-HAL MENDASAR TENTANG CINTA
* Kedewasaan
Kedewasaan adalah syarat mutlak untuk jatuh cinta. Jatuh cinta tanpa kedewasaan akan membawa kita pada penipuan dan kehancuran.
* Tanggung jawab
Tanggung jawab membawa cinta pada ikatan yang kuat, tanpa tanggung jawab cinta hanyalah sebuah permainan.
* Kesediaan berkorban
Cinta tanpa kesiapan untuk berkorban hanyalah menjadi pemaksaan kehendak dan penjajahan.
* Kesabaran
Kesabaran adalah hal penting dalam jatuh cinta, tanpa kesabaran kita hanya akan dipermainkan oleh perasaan diri, dan berakhir pada kegagalan.
* Kesetiaan
Orang yang siap jatuh cinta adalah orang yang menyadari tiap-tiap orang memiliki kekurangan, namun saya mendapat orang yang cocok dengan saya yaitu orang yang Tuhan sediakan buat saya. Jangan mudah berpindah-pindah cinta.

BAGAIMANA MENDAPAT CINTA YANG SEJATI
* Dimulai dengan doa.
* Gunakan akal sehat.
* Biarkan proses waktu berjalan.
* Prinsip-prinsip Firman Tuhan dipertahankan.
* Hadapi masalah dan selesaikan.
* Mohon konfirmasi dari orang lain yang lebih dewasa dan dari Pencipta.

PANDANGAN SPRITUAL TENTANG CINTA YANG SEJATI
* Jangan bangkitkan cinta sebelum waktunya
Taruhlah aku seperti materai pada hatimu, seperti materai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api Tuhan! Air yang banyak tak dapat memadamkan cinta, sungai-sungai tak dapat menghanyutkannya. Sekalipun orang memberi segala harta benda rumahnya untuk cinta, namun pasti ia akan dihina. Jangan kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya!
* Cinta harus tegas
* Cinta adalah tanggung jawab

BAGAIMANA JATUH CINTA DENGAN BENAR
Sadari Tuhan ingin kita jatuh cinta; hanya:
* Pada saat yang tepat.
* Dengan orang yang tepat.
* Dengan cara yang tepat.
* Komunikasikan dengan Tuhan setiap kali perasaan jatuh cinta muncul: "Jika ini dari Tuhan biarlah tetap teguh, namun jika bukan dari Tuhan biarlah lalu".

Perhatikan prinsip firman Tuhan:
* Gelap tidak dapat bersatu dengan terang. (Harus dengan orang yang seiman)
* Harus saling membangun. (Bukan sekedar boleh atau tidak boleh)
* Harus yang sepadan. (Bisa saling menutupi kekurangan/kelemahan)
* Ingat, senang tidak harus berarti jatuh cinta.
* Cinta yang sejati dapat dikendalikan; yang tidak dapat dikendalikan adalah hawa nafsu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Film Kristen yang sangat Inspiratif

Going the extra mile...

7 Film Olah Raga Pemberi Inspirasi