Sahabat


Sahabat

Kalo berbicara tentang sahabat pasti sesuatu yang menyenangkan.
Mungkin bertemu karena ketidaksengajaan, namun pertemuan itu bisa berubah menjadi sebuah persahabatan ato hanya kenalan biasa dan waktu menjadi bagian dari proses untuk memperkuat ato bahkan merenggangkan persahabatan.

Memang setiap manusia berbeda, baik latar belakang, pendidikan, cara pandang tentang hidup, nilai-nilai yg dianut, dls tapi itu bukanlah hal-hal yang dapat membuat manusia tidak dapat bersahabat.

Dengan sahabat, kita dapat berbagi hidup, baik suka maupun duka, menolong dalam kesulitan, menjadi pendengar yang setia, selalu siap memberi masukan, menguatkan saat kita lemah, membangun iman kita dan menegur kita waktu kita salah.

Point yg terakhir, kadang membuatku dilema -- menegur sahabat ketika mereka salah --
Aku tau sahabatku melakukan sesuatu yang salah tapi aku tidak mau menegurnya. Bukan karena aku tidak ingin tapi karena takut sahabatku membenciku, salah paham terhadapku, menganggapku suka mencampuri urusan pribadi mereka.

Hari ini aku diingatkan satu hal lagi sama Tuhan. Sahabat adalah orang yang seharusnya paling jujur terhadap kita
Seorang sahabat sejati akan mengatakan kebenaran meskipun kebenaran itu sesuatu yang menyakitkan, sesuatu yang tidak ingin sahabat mereka dengar
Kita menunjukan kesalahan sahabat kita secara pribadi dan bukan kepada orang lain (saya belajar tentang ini). Dan tidak sampai disitu saja namun kita juga membantu mereka mengatasi kesalahan itu. Sahabat bukanlah hakim tapi seorang penolong bagi kita.

Respon sahabat kita terhadap teguran bermacam-macam tergantung kedewasaan mereka. Mereka bisa menerima dengan lapang dada dan mau berubah, namun ada juga yang merasa kita sok tau. Ingatlah, untuk menyatakan kebenaran ada harga yang harus kita bayar. Jika sahabat kita tidak mau berubah, terus doakanlah mereka.

Satu hal yang perlu kita ingat juga yaitu kita harus terus menolong sahabat kita untuk bertumbuh secara rohani, mengenal Tuhan dan menjadi dewasa didalam Kristus.
Jadi apabila ada sahabat kita yang melakukan kesalahan, tegurlah (hmmmm, sulit memang tapi tetap harus dilakukan). Jika kita mengasihi sahabat kita, kita mau yang terbaik buat mereka.

Jadilah sahabat yang terbaik, Tuhan Yesus Memberkati




_Welly_