Trip to Ciater [ Pemandian Air Panas ]

Tempat ini terletak di kaki gunung tangkuban perahu dan terletak di jalan raya Subang yang sangat mudah diakses oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. 
Dari arah Jakarta lewat puncak menuju Subang ditempuh dengan jarak kurang lebih 212 km dengan waktu tempuh 5 jam, tetapi kalau lewat Purwakarta jarak tempuhnya hanya sekitar 185 km dengan waktu tempuh 185 km. 

Perjalanan sepanjang jalur ini tidak menjemukan, karena ketika kita memasuki wilayah Subang udara terasa sejuk, serta pegunungan teh yang menghiasi jalan yang berkelak-kelok membuat perjalanan lebih asyik.

Baliho yang cukup besar terpampang jelas di jalan raya Subang yang menunjukkan keberadaan wisata air panas tersebut. Tinggal masuk ke dalam kurang lebih satu kilometer kita akan memasuki pintu masuk untuk membayar ticket masuk sebesar Rp 25.000 per orang dan tiap mobil kecil sebesar Rp 6,000.

Sejenak kita bisa melihat-lihat suasana sekitar lokasi untuk melihat-lihat pedagang yang berjualan atau sekedar untuk bersantai sambil minum kopi. Lokasi parkir yang sangat luas ternyata sudah dipersiapkan oleh pengelola karena memang hampir tiap hari lokasi ini penuh dengan pengunjung apalagi tiap hari libur. Kapasitas untuk mobil sedan atau sekelasnya muat sekitar 500 unit, untuk truk atau bis sekitar 250 unit dan untuk kendaraan bermotor roda dua muat sekitar 1000 unit.
Kira-kira begitulah deskripsi singkat mengenai wisata permandian air panas di ciater ini. Airnya yang sangat panas, kira2 sekitar 60 derajad membuat kulit terasa terbakar, namun sangat nikmat ketika tubuh sudah bisa beradaptasi dengan air hangat ini. Kami pergi sekitar pukul 11 malam, dari bandung.ketika sampai jam 12-an, saya dan teman-teman dapat langsung menikmati air panas tersebut. Akhirnya waktu menunjukan pukul 05.00, saya dan teman2 pun segera meninggalkan tempai tersebut
----------------------------------------------
----------------------------------------------------
----------------------------------------------------

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Film Kristen yang sangat Inspiratif

Going the extra mile...

7 Film Olah Raga Pemberi Inspirasi