Trip to Pelabuhan Ratu

Saya dan 7 teman lainnya dari depok melakukan perjalanan ke Pelabuhan Ratu. Perjalanan di mulai dari Depok - Masuk di Tol Pasar Rebo - Jagorawi - Bogor - Sukabumi - Pelabuhan Ratu. Perjalanan di tempuh selama 5 jam.

Kami pun tiba di pelabuhan ratu pada pukul 02.00 dan langsung mencari penginapan di daerah pelabuhan ratu.Beruntung, kami bisa memperoleh bungalaw gede seharga 600 ribu...hehehehe...cukup menarik.
Terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi gede, dapur, ruang tamu dan teras yang lapang.

Kami baru sadar bahwa tempatnya sangat keren..pas pagi harinya kita bisa langsung melihat pemandangan di tepi pantai...

Berikut ini beberapa dokumentasi kami tentang keindahan Pelabuhan Ratu.

-----------------------------------------------------------------
Sekilas Mengenai Komposisi

Sekilas Mengenai Komposisi

Komposisi secara sederhana diartikan sebagai cara menata elemen-elemen dalam gambar, elemen-elemen ini mencakup garis, shape, form, warna, terang dan gelap. Cara anda menata komposisi dalam jendela bidik akan diinterprestasikan kemudian setelah foto anda tersebut dicetak. Yang paling utama dari aspek komposisi adalah menghasilkan visual impact- sebuah kemampuan untuk menyampaikan perasaan yang anda inginkan untuk berekspresi dalam foto anda. Dengan demikian anda perlu menata sedemikian rupa agar tujuan anda tercapai, apakah itu untuk menyampaikan kesan statis dan diam atau sesuatumengejutkan, beda, eksentrik. Dalam komposisi klasik selalu ada satu titik perhatian yang pertama menarik perhatian. 
Hal ini terjadi karena penataan posisi, subordinasi, kontras cahaya atau intensitas subjek dibandingkan sekitarnya atau pengaturan sedemikian rupa yang membentuk arah yang membawa perhatian pengamat pada satu titik.Secara keseluruhan, komposisi klasik yang baik memiliki proporsi yang menyenangkan. Ada keseimbangan antara gelap dan terang, antara bentuk padat dan ruang terbuka atau warna-warna cerah dengan warna-warna redup. Pada kesempatan-kesempatan tertentu, bila dibutuhkan mungkin anda akan membutuhkan komposisi anda seluruhnya simetris. Seringkali gambar yang anda buat lebih dinamis dan secara visual lebih menarik bila anda menempatkan subjek ditengah. Anda harus menghindari sebuah garis pembagi biarpun itu vertikal.


Untuk menghindari sebuah gambar yang dinamis diperlukan juga kehadiran irama. Irama ini terjadi karena adanya pengulangan berkali-kali sebuah objek yang berukuran kecil. Kehadiran irama dalam gambar mengesankan adanya suatu gerakan.

* Garis
Fotografer yang baik kerap menggunakan garis pada karya-karya mereka untuk membawa perhatian pengamat pada subjek utama. Garis juga dapat menimbulkan kesan kedalaman dan memperlihatkan gerak pada gambar. Ketika garis-garis itu sendiri digunakan sebagai subjek, yang terjadi adalah gambar-gambar menjadi menarik perhatian. Tidak penting apakah garis itu lurus, melingkar atau melengkung, membawa mata keluar dari gambar. Yang penting garis-garis itu menjadi dinamis.

* Shape
Salah satu formula paling sederhana yang dapat membuat sebuah foto menarik perhatian adalah dengan memberi prioritas pada sebuah elemen visual. Shape adalah salah satunya. Kita umumnya menganggap shape sebagai outline yang tercipta karena sebuah shape terbentuk, pada intinya, subjek foto, gambar dianggap memiliki kekuatan visual dan kualitas abstrak. Untuk membuat shape menonjol, anda harus mampu memisahkan shape tersebut dari lingkungan sekitarnya atau dari latar belakang yang terlalu ramai. Untuk membuat kontras kuat antara shape dan sekitarnya yang membentuk shape tersebut. Kontras ini dapat terjadi sebagai akibat dari perbedaan gelap terang atau perbedaan warna.
Sebuah shape tentu saja tidak berdiri sendiri. Ketika masuk kedalam sebuah pemandangan yang berisi dua atau lebih shape yang sama, kita juga dapat meng-crop salah satu shape untuk memperkuat kualitas gambar.

Beralih ke Fotografi.....

Beralih ke Fotografi.....

Saat ini saya juga ingin mendalami fotografi...mulai saat ini saya akan memasukan konten yang berhubungan dengan dunia fotografi mudah-mudahan berguna bagi teman- teman semua...Berhubung, saya baru mempunyai kamera baru, maka ini merupakan wadah bagi saya untuk belajar...
Berikut Spesifikasi Teknis dari Kamera yang saya miliki:

  • Canon EOS 450 D + Lensa 18-55 ( Harganya saat ini sekitar 6 juta....
  • Tas  National Geography (harganya sekitar 600 rebuan...mahal banget..mending pake merek lowepro...lebih murah dan berkualitas...
  • Sebuah tripod dan filter UV murahan...hehehehehe..
Yang di butuhkan adalah semangat tinggi untuk berusaha....




Flickr Images